Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serangan Udara Israel di Malam Natal Menewaskan Lebih dari 100 Orang

Kompas.com - 26/12/2023, 15:38 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Guardian

YERUSALEM, KOMPAS.com - Jalur Gaza menghadapi beberapa pertempuran paling mematikan dalam perang.

Israel terus memperluas serangannya hanya beberapa hari setelah Dewan Keamanan PBB mengeluarkan resolusi yang menyerukan lebih banyak bantuan dan langkah-langkah mendesak untuk gencatan senjata yang berkelanjutan.

Lebih dari 100 orang tewas dalam serangan udara Israel pada Minggu (24/12/2023) malam di pusat wilayah Palestina yang terkepung, termasuk sedikitnya 70 orang dalam pengeboman yang menghantam sebuah blok pemukiman di kamp pengungsi Maghazi di dekat Deir al-Balah, kata para pejabat kesehatan di Gaza.

Baca juga: Profil Houthi: Siapa Mereka dan Kenapa Ikut Serang Israel?

Dilansir dari Guardian, Deir al-Balah juga dihantam, meskipun sebelumnya telah diidentifikasi oleh Pasukan Pertahanan Israel (IDF) sebagai zona evakuasi bagi warga Palestina yang melarikan diri dari pertempuran.

Bulan Sabit Merah Palestina mempublikasikan rekaman dari rumah sakit al-Aqsa Martyrs, di Deir al-Balah, yang menunjukkan anak-anak yang linglung dan berlumuran darah yang tertutup debu reruntuhan. Ada juga puluhan kantong mayat berwarna putih.

Di lokasi serangan di Maghazi, orang-orang berteriak dan berteriak dalam kegelapan ketika mereka mencoba menggali korban yang selamat dari reruntuhan bangunan.

"Kami semua menjadi sasaran," kata Ahmad Turkomani, yang kehilangan beberapa anggota keluarganya, termasuk anak perempuan dan cucunya, kepada Associated Press. "Tidak ada tempat yang aman di Gaza."

Militer Israel mengatakan bahwa mereka sedang meninjau insiden Maghazi.

Korban terbaru ini terjadi setelah pengumuman sebelumnya pada Minggu dari kementerian kesehatan Gaza bahwa serangan udara Israel telah menewaskan 166 orang Palestina dalam 24 jam, salah satu hari paling mematikan dalam konflik yang telah berlangsung selama 12 minggu ini.

Lebih dari 20.400 warga Palestina telah terbunuh sejak Israel mengumumkan perang sebagai tanggapan atas serangan Hamas terhadap Israel pada tanggal 7 Oktober, di mana kelompok Palestina tersebut menewaskan 1.140 orang dan menyandera 240 orang lainnya.

Baca juga: Kunjungi Gaza, PM Israel Nyatakan Perang Masih Jauh dari Selesai

Perayaan Natal tahun ini di seluruh Israel dan wilayah Palestina yang diduduki dibatalkan sebagai bentuk solidaritas terhadap warga Gaza.

Alih-alih pawai tradisional dan kebaktian tengah malam yang meriah di kota Betlehem, Tepi Barat yang diduduki, di mana Yesus diyakini lahir, umat Kristiani Palestina mengadakan misa yang tenang dengan nyanyian pujian dan doa-doa untuk perdamaian.

Baca juga: PM Netanyahu Bantah Ada Pengaruh AS dalam Aktivitas Militer Israel

"Hari ini seharusnya menjadi hari penuh cinta dan kebahagiaan, tetapi lihatlah sekeliling Anda, tidak ada senyuman di wajah orang-orang. Betlehem sedih dan gelap. Tidak ada dekorasi, tidak ada lagu-lagu Natal atau pohon Natal," kata Pendeta Louis Salman. "Saya menyalahkan para pengambil keputusan yang melihat apa yang terjadi pada anak-anak Gaza dan tidak melakukan apa-apa."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com