Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inggris Akan Kirim Kapal Pemburu Ranjau ke Ukraina, Ini Fungsinya

Kompas.com - 11/12/2023, 18:04 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

LONDON, KOMPAS.com - Inggris akan mengirim dua kapal pemburu ranjau ke Ukraina untuk membantu mendeteksi ranjau Rusia di Laut Hitam dan membantu Kyiv memulihkan ekspor maritim.

Kemampuan Ukraina untuk memindahkan ekspor melalui laut telah sangat terpengaruh sejak Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan invasi ke Ukraina pada Februari 2022 dan blokadenya di Laut Hitam.

"Kapal-kapal pemburu ranjau ini akan memberikan kemampuan vital bagi Ukraina yang akan membantu menyelamatkan nyawa di laut dan membuka rute ekspor yang vital," kata Menteri Pertahanan Inggris Grant Shapps pada Senin (11/12/2023), dikutip dari AFP.

Baca juga: Pejabat AS Tak Satu Suara soal Bantuan untuk Perang Ukraina

Penyerahan kapal-kapal tersebut kepada angkatan bersenjata Ukraina akan dilakukan saat Shapps dan Menteri Pertahanan Norwegia akan meluncurkan inisiatif pertahanan baru pada Senin ini, yaitu Koalisi Kemampuan Maritim.

"Peningkatan kemampuan ini menandai dimulainya upaya baru yang didedikasikan oleh Inggris, Norwegia, dan sekutu-sekutu kami untuk memperkuat kemampuan maritim Ukraina," kata Shapps.

Ia menjelaskan, inisiatif ini akan meningkatkan kemampuan Ukraina untuk mempertahankan perairan kedaulatannya dan meningkatkan keamanan di Laut Hitam.

Transfer ini disepakati melalui pertemuan Kelompok Kontak Pertahanan Ukraina yang beranggotakan 50 negara.

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak telah berulang kali menekankan dukungan tak tergoyahkan untuk Ukraina.

Inggris nyatanya tercatat telah mengalokasikan 4,6 miliar euro dalam bentuk dukungan militer untuk Ukraian sejak perang pecah tahun lalu.

Baca juga: Zelensky Akan Temui Biden di AS, Bahas Dana Perang untuk Ukraina

Shapps juga diperkirakan akan mengumumkan rincian lebih lanjut tentang dukungan militer Inggris untuk Ukraina pada saat peluncuran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com