Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari ke-640 Serangan Rusia ke Ukraina: Zelensky Berupaya Dapat Paket Bantuan Besar AS | 4 Wakil Komandan Garda Nasional Ukraina Dipecat

Kompas.com - 26/11/2023, 07:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Guardian

KYIV, KOMPAS.com - Ukraina perlu mengamankan tiga kemenangan utama di luar negeri, termasuk persetujuan paket bantuan besar dari Kongres AS dan Uni Eropa.

Hal ini jadi pembuka rangkuman hari ke-640 serangan Rusia ke Ukraina Sabtu (25/11/2023).

Dilansir dari Guardian, berikut kabar selengkapnya.

Baca juga: Produksi Drone Ukraina Naik 100 Kali Lipat sejak Invasi Rusia

- Presiden Volodymyr Zelensky mengatakan Ukraina perlu mengamankan tiga kemenangan utama di luar negeri, termasuk persetujuan paket bantuan besar dari Kongres AS dan Uni Eropa, dan dimulainya pembicaraan formal untuk bergabung dengan Uni Eropa.

- Kantor berita Reuters melaporkan bahwa Zelensky mengumumkan pemecatan terbaru di militer, empat wakil komandan di garda nasional, tetapi tidak memberikan alasa pemecatan mereka.

- Zelensky membahas upaya untuk mempertahankan persatuan Eropa dalam sebuah panggilan telepon dengan Perdana Menteri Belanda yang akan segera keluar, Mark Rutte, setelah Partai untuk Kebebasan (PVV) yang dipimpin oleh politisi sayap kanan Geert Wilders mendapatkan suara terbanyak dalam pemilihan umum di Belanda.

- Kajsa Ollongren, menteri pertahanan Belanda, mengatakan bahwa ia berharap dukungan militer untuk Kyiv akan terus berlanjut tetapi juga bahwa ia khawatir karena sikap Partai PVV terhadap Ukraina.

- Robert Fico, perdana menteri populis Slovakia, mengatakan bahwa ia menganggap perang antara Ukraina dan Rusia sebagai konflik yang membeku.

- Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan bahwa pasukan Rusia di Ukraina terus mengalami korban massal akibat serangan presisi jarak jauh Ukraina yang berada jauh di belakang garis depan.

- Serikat pengemudi truk Ukraina mengatakan harapan akan berakhirnya protes pengemudi truk Polandia di perbatasan memudar.

Baca juga: Serangan Terbesar di Ibu Kota Ukraina, Rusia Kerahkan 71 Drone

- Finlandia untuk sementara menutup semua kecuali satu dari delapan penyeberangan penumpang ke Rusia.

- Perdana Menteri Finlandia, Petteri Orpo, mengatakan bahwa arus migran yang tinggi melalui Rusia harus dihentikan.

- Wakil Perdana Menteri Ukraina, Olha Stefanishyna, mengatakan bahwa veto atas aspirasi Eropa negara tersebut pada KTT Uni Eropa bulan depan akan menjadi tindakan yang tidak bertanggung jawab.

Baca juga: PM Slovakia: Perang Rusia-Ukraina Bisa sampai 2030

- Rencana untuk memperluas program Grain from Ukraine lebih jauh ke seluruh Afrika satu tahun setelah peluncurannya akan diumumkan oleh Zelensky, didukung oleh penunjukan serangkaian duta besar baru yang beritikad baik termasuk Charlotte Leslie, mantan anggota parlemen dari Partai Konservatif yang memiliki hubungan yang mendalam di Timur Tengah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com