Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skandal Pembiusan Anggota Parlemen Perancis oleh Rekan Senator

Kompas.com - 22/11/2023, 21:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Guardian

PARIS, KOMPAS.com - Seorang anggota parlemen Perancis yang diduga dibius oleh seorang senator, menggambarkan dirinya mengalami gejala gemetar dan berkeringat.

Dia juga mengaku takut terkena serangan jantung setelah meminum sampanye yang dibubuhi ekstasi.

Sandrine Josso (48), seorang anggota parlemen dari partai berhaluan tengah MoDem, berbicara dalam dua wawancara televisi, mengatakan dia masih dalam keadaan syok setelah dugaan insiden yang terjadi minggu lalu.

Baca juga: Perancis Kirim Kapal Perang untuk Berikan Bantuan Medis ke Gaza

Namun, dilansir dari Guardian, atas kejadian ini, dia ingin meningkatkan kesadaran akan bahaya minuman keras di Perancis.

Dia mengatakan hal itu bisa terjadi pada siapa pun, di mana pun, dan pada usia berapa pun.

“Siapapun bisa mengalami apa yang saya derita,” kata Josso kepada France 5 TV, dan mendesak pemerintah untuk mengambil tindakan.

Parlemen Perancis terguncang pekan lalu ketika senator kanan-tengah, Joel Guerriau (66), ditangkap dan didakwa memberikan kepada seseorang, tanpa sepengetahuan mereka, suatu zat yang dapat mengubah penilaian atau pengendalian diri mereka untuk melakukan kejahatan, pemerkosaan atau kekerasan seksual.

Dia juga didakwa memiliki dan menggunakan zat-zat yang digolongkan sebagai narkoba.

Guerriau, yang menyangkal melakukan kesalahan apa pun, telah diskors dari partainya yang berhaluan tengah, Horizons, dan menghadapi seruan untuk mengundurkan diri dari majelis tinggi senat.

Josso menuduh senator memberinya segelas sampanye yang dibubuhi obat ekstasi.

Baca juga: Presiden Perancis Minta Israel Setop Bunuh Bayi dan Perempuan di Gaza

Dia mengatakan kepada BFMTV bahwa dia telah mengenal Guerriau sebagai teman kerja selama 10 tahun.

Pekan lalu, Guerriau mengundangnya untuk merayakan terpilihnya kembali menjadi senat.

Saat Josso berada di ruang tamu, Guerriau menuangkan sampanye ke dapurnya dan membawanya keluar.

Dia mengatakan perilakunya aneh: dia terus menyalakan lampu peredup dengan sangat terang dan kemudian turun lagi, dan dia terus bersorak dan mendentingkan gelas untuk mendorongnya minum, yang membuatnya khawatir.

“Yang tampak aneh adalah keinginan untuk mendentingkan gelas beberapa kali, sehingga saya meminumnya lagi,” kata Josso. “Sampanye itu rasanya tidak normal, rasanya manis.”

Baca juga: Intelijen Militer Perancis: Serangan Israel Bukan Penyebab Ledakan RS di Gaza

Dia mengatakan dokter kemudian memberitahunya bahwa menyalakan lampu lalu menurunkannya dianggap mengaktifkan efek obat.

“Saya melihat ke dapur dan saya melihat dia membawa bungkusan putih yang dia taruh di laci. Dan pada saat itu, dengan semua gejala yang saya alami, saya mengerti bahwa dia memegang narkoba. Saya sudah merasa mual, jantung saya berdebar-debar dan saya berkata pada diri sendiri: larilah, dia membiusmu," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com