Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perancis Tak Temukan Wabah Kutu Busuk Paris Masuk Transportasi Umum

Kompas.com - 05/10/2023, 10:49 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

PARIS, KOMPAS.com - Pemerintah Perancis pada Rabu (4/10/2023) mengeklaim tidak menemukan bukti wabah kutu busuk di Paris muncul di transportasi umum.

Wabah kutu busuk di Paris menggegerkan warga setelah ada laporan serangga itu terlihat di kereta api, kereta metro, bioskop, dan sekolah beberapa pekan terakhir.

Apalagi, Perancis sedang menjadi tuan rumah Piala Dunia Rugbi dan bersiap menyambut jutaan orang dari seluruh dunia saat Olimpiade Paris 2024.

Baca juga: Wabah Kutu Busuk Melanda Paris

Namun, para pejabat bersikeras tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan lonjakan jumlah kutu busuk, dan foto-foto di media sosial bukan berarti jumlah kutu busuk semakin bertambah.

Menteri Transportasi Perancis Clement Beaune setelah bertemu operator-operator besar pada Rabu mengatakan kepada wartawan, tidak ada peningkatan jumlah kutu busuk di sektor transportasi.

“Tidak ada peningkatan kasus, tidak ada psikosis, tidak perlu cemas,” imbuhnya, dikutip dari kantor berita AFP.

Beaune menegaskan, tak ada satu pun kasus dalam beberapa pekan terakhir di metro Paris atau di kereta antarkota yang terbukti.

“Saya meminta seluruh operator mempublikasikan data kasus yang dilaporkan dan kasus yang terbukti,” tambahnya. "Transparan itu penting”.

Sekitar sepuluh kasus dilaporkan ke RATP (pengelola metro Paris) dalam beberapa pekan terakhir, kata Beaune. "Semuanya sudah diperiksa... tidak ada kasus yang terbukti."

Kemudian, 37 penampakan dilaporkan ke SNCF (operator kereta api nasional). Beaune juga menyampaikan jawaban yang sama.

Namun, pertemuan antar-kementerian akan diadakan pada Jumat (6/10/2023) yang dipandu Perdana Menteri Perancis Elisabeth Borne sebagai tanda seriusnya pejabat menangani hal ini, kata juru bicara pemerintah Olivier Veran.

Baca juga: Napi di Penjara AS Meninggal Dimakan Serangga dan Kutu Kasur

Efek kutu busuk pada manusia

Ilustrasi kutu busuk.SHUTTERSTOCK/DMITRY BEZRUKOV Ilustrasi kutu busuk.
Kutu busuk memengaruhi kesehatan, perekonomian, transportasi, pariwisata, dan oleh karena itu perlu pendekatan komprehensif, kata Veran kepada wartawan.

Sebanyak dua sekolah--satu di Marseille dan satu lagi di Villefranche-sur-Saone di luar Lyon, tenggara Perancis--terinfeksi kutu busuk dan ditutup beberapa hari untuk dibersihkan, kata pihak berwenang setempat.

Mayoritas kutu busuk hilang dari kehidupan manusia pada 1950-an, tetapi muncul dalam jumlah lebih besar sejak puluhan tahun terakhir.

Sebagian besar disebabkan oleh kepadatan penduduk yang tinggi, orang-orang yang lebih banyak berlibur, dan angkutan massal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com