Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaksa Agung Nevada Selidiki Pemilih Palsu Trump pada Pilpres AS 2020

Kompas.com - 16/11/2023, 21:45 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber

LAS VEGAS, KOMPAS.com - Jaksa Agung Nevada sedang menyelidiki enam pemilih Partai Republik yang menyerahkan dokumen ke Kongres yang secara keliru menyatakan Donald Trump sebagai pemenang pemilihan presiden tahun 2020.

Belum jelas apakah penyelidikan yang sedang berlangsung ini merupakan masalah pidana atau perdata.

Namun penyelidikan tersebut menambah pengawasan resmi terhadap pemilih palsu di beberapa negara bagian yang dimenangkan oleh Presiden Joe Biden pada tahun 2020, termasuk penyelidikan di Georgia, Michigan, dan Arizona.

Baca juga: Alasan Kenapa Lebih Banyak Orang Asia-Amerika Bersenjata Api di AS

Dilansir dari Associated Press, para pemilih palsu didakwa di Georgia dan Michigan. Trump menghadapi dakwaan baik di Georgia maupun dalam penyelidikan federal atas perilakunya terkait kerusuhan Capitol pada 6 Januari 2021.

Sumber yang mengetahui masalah ini tidak berwenang untuk berbicara di depan umum dan berbicara kepada AP dengan syarat anonimitas.

Politico dan NBC News pertama kali melaporkan adanya penyelidikan tersebut.

Jaksa Agung Aaron Ford, seorang Demokrat, tidak menanggapi pesan. Dia pernah mengatakan di masa lalu bahwa kantornya bekerja sama dan berpartisipasi dalam penyelidikan Kementerian Kehakiman AS mengenai upaya untuk mempertahankan Trump tetap menjabat.

Dia mengatakan kepada Asosiasi Jaksa Agung Partai Demokrat pada Januari lalu bahwa dia khawatir jika memberikan komentar apa pun akan dianggap partisan.

Gubernur Nevada Joe Lombardo, seorang Republikan, memveto rancangan undang-undang bulan Juni lalu yang disahkan oleh Badan Legislatif pimpinan Partai Demokrat yang akan menjadikan pernyataan palsu bahwa kandidat yang kalah telah memenangkan pemilu merupakan suatu kejahatan.

Di antara mereka yang menjabat sebagai pemilih palsu pada tahun 2020 adalah ketua Partai Republij negara bagian saat ini Michael McDonald, anggota komite partai nasional Jim DeGraffenreid, ketua partai Clark County Jesse Law dan Shawn Meehan, anggota komite nasional dan Douglas County. Semua menolak berkomentar.

Baca juga: AS Sebut Hamas Punya Pusat Komando di RS Al Shifa Gaza

McDonald memperkenalkan Trump pada rapat umum Oktober di Las Vegas dan mendorong Partai Republik Nevada untuk mengadakan kaukus pencalonan perubahan yang dipandang oleh banyak anggota Partai Republik menguntungkan mantan presiden tersebut.

Kaukus Partai Republik akan berlangsung pada 8 Februari, dua hari setelah pemilihan pendahuluan yang diamanatkan negara.

Baca juga: Hasil Pertemuan Biden dan Jokowi di AS

Upaya AP untuk menjangkau dua pemilih palsu lainnya, Durward James “Jim” Hindle III dan Eileen Rice di Nevada utara, tidak berhasil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com