Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kereta di Jepang Tabrak Beruang, Penumpang Terjebak di Gerbong Semalam

Kompas.com - 01/11/2023, 21:03 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

FURANO, KOMPAS.com - Sebuah kereta api di Kota Furano, Pulau Hokkaido, Jepang, menabrak beruang sehingga delapan orang di gerbong terjebak semalam.

Operator kereta yaitu Japan Railways (JR) pada Rabu (1/11/2023) mengatakan, para penumpang itu terjebak di gerbong tanpa pemanas di wilayah utara Jepang yang dingin.

Kereta kecil ini bertabrakan dengan beruang setinggi 1,8 meter pada Senin (30/10/2023) sekitar pukul 23.30 waktu setempat.

Baca juga: Biaya Proyek Kereta Cepat Inggris Naik di Luar Kendali, Jadi Rp 1.800 Triliun

Kecelakaan itu membuat kereta tidak dapat beroperasi, sehingga penumpang disarankan tidak keluar sampai pemburu tiba untuk memastikan tidak ada beruang lain.

Namun, karena pemburu dilarang melepaskan tembakan pada malam hari, penumpang harus menunggu hingga fajar, kata JR Hokkaido.

Pihak operator kereta menambahkan, saat matahari terbit beruang itu ditemukan mati dan dipindahkan oleh pegawai kereta api sesuai arahan pemburu.

“Saya tiba-tiba merasakan guncangan,” kata salah satu penumpang kepada stasiun televisi lokal, dikutip dari kantor berita AFP.

“Sepertinya sistem pemanasnya rusak sehingga di dalam dingin, dan ini menjadi sulit,” lanjutnya.

Baca juga:

Jumlah serangan beruang terhadap manusia meningkat tajam di Jepang tahun ini.

Para ahli menyalahkan panen biji pohon ek yang buruk sehingga memaksa hewan tersebut mencari makanan lebih jauh sebelum hibernasi musim dingin.

Sampai akhir September 2023 ada 14.943 penampakan beruang di seluruh Jepang, meningkat 4.210 dari periode yang sama tahun lalu.

Di Furano juga, penampakan beruang meningkat tahun ini karena semakin banyak wisatawan yang kembali pascapandemi, kata salah satu pejabat kota kepada AFP.

“Tidak diketahui apakah jumlah beruang benar-benar meningkat, atau apakah ada beruang tertentu yang tidak takut mendekati manusia,” imbuh pejabat tersebut.

Baca juga: Kereta Rombongan Parlemen Uni Eropa Salah Tujuan ke Disneyland Paris

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com