Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepang Selidiki YouTuber yang Tak Bayar Tarif Kereta dan Curi Makanan

Kompas.com - 25/10/2023, 20:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Guardian

TOKYO, KOMPAS.com - Meningkatnya kelakuan para influencer pengganggu di Jepang, yang dituduh menipu penjual tiket kereta api dan berpura-pura menjadi tunawisma untuk mendapatkan uang tunai, telah menyebabkan kekhawatiran.

Jumlah pariwisata yang mendekati tingkat sebelum pandemi membuat Jepang harus bertindak.

Sebuah perusahaan kereta api di Jepang sedang menyelidiki tuduhan bahwa empat YouTuber asing populer melakukan perjalanan jarak jauh dengan kereta api tanpa membayar.

Baca juga: Beli Nasi Campur Harganya Rp 106.000, YouTuber Malaysia Kaget

Dilansir dari Guardian, salah satu tersangka pengelak tarif, yang dikenal di dunia maya sebagai Fidias, memposting video ke 2,38 juta pelanggannya pada akhir pekan.

Video menunjukkan dia dan tiga orang lainnya menghindari staf kereta api dan meminta makanan gratis.

Dalam salah satu klip, dia mengunci diri di toilet kereta peluru dan berpura-pura sakit saat ditantang oleh petugas tiket.

YouTuber Siprus bernama asli Fidias Panayiotou kemudian naik kereta lain dan berjanji akan melakukan trik yang sama lagi.

Klip lain menunjukkan pria yang menggambarkan dirinya sebagai pembuat kesalahan profesional yang berpura-pura menjadi tamu hotel agar dia bisa sarapan di sana secara gratis.

Dalam klip di X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, dia terdengar membual bahwa dia baru saja berbicara tentang prasmanan Jepang bintang lima di sebuah hotel di Kyoto.

“Dan kami meninggalkan hotel tanpa ketahuan dan tanpa masalah," ungkapnya.

Baca juga: YouTuber Jadi Pejabat Jepang, Didepak Parlemen karena Tak Pernah Ngantor

Bagian lain dari video tersebut menunjukkan kelompok tersebut meminta uang kepada masyarakat untuk membayar tiket.

Meskipun para pengikut Panayiotou memuji keberaniannya, reaksi dari pengguna media sosial lainnya sangat negatif, bahkan ada yang menuduh mereka menyalahgunakan reputasi Jepang dalam hal keselamatan dan keramahtamahan.

Baca juga: YouTuber Irak Tewas Diduga Dicekik Ayahnya, Demo Pecah

“Muncul lagi YouTuber luar negeri yang aneh dan menyebalkan. Selain Fidias, tiga orang lainnya harus ditangkap,” kata salah satu warganet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com