Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meksiko Tutup 23 Apotek di Pantai Karibia karena Diduga Jual Pil Berbahaya

Kompas.com - 09/08/2023, 21:45 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber

MEXICO CITY, KOMPAS.com - Meksiko telah menutup 23 apotek di resor-resor pantai Karibia, enam bulan setelah sebuah laporan penelitian memperingatkan bahwa toko-toko obat di Meksiko menawarkan kepada orang asing pil yang mereka nyatakan sebagai Oxycodone, Percocet, dan Adderall tanpa resep dokter.

Razia inspeksi selama empat hari menargetkan toko-toko obat di Cancun, Playa del Carmen, dan Tulum.

Pada bulan Maret, Departemen Luar Negeri AS mengeluarkan peringatan perjalanan mengenai penjualan pil-pil semacam itu, dan praktik tersebut tampaknya semakin meluas.

Baca juga: FDA AS Setujui Pil Pertama untuk Atasi Depresi Pascamelahirkan

Dilansir dari Associated Press, angkatan Laut mengatakan bahwa apotek-apotek tersebut biasanya menawarkan pil-pil tersebut hanya kepada para turis, dan toko-toko obat tersebut mengiklankan pil-pil tersebut, dan bahkan menawarkan jasa pengiriman ke rumah.

Angkatan Laut mengatakan bahwa mereka menemukan obat-obatan yang sudah kedaluwarsa dan beberapa di antaranya tidak memiliki catatan tentang pemasoknya, serta formulir resep yang kosong atau tidak ditandatangani.

Pada bulan Februari, University of California, Los Angeles, mengumumkan bahwa para peneliti di sana telah menemukan bahwa 68 persen dari 40 apotek Meksiko yang dikunjungi di empat kota di Meksiko utara menjual Oxycodone, Xanax, atau Adderall, dan 27 persen dari apotek tersebut menjual pil palsu.

UCLA mengatakan bahwa penelitian yang diterbitkan pada bulan Januari ini menemukan bahwa apotek-apotek di kota-kota wisata di Meksiko Utara menjual pil palsu yang mengandung fentanil, heroin, dan metamfetamin.

Pil-pil ini dijual terutama kepada turis AS, dan sering kali disalahartikan sebagai zat-zat yang dikontrol seperti Oxycodone, Percocet, dan Adderall.

"Pil-pil palsu ini menimbulkan risiko overdosis yang serius bagi para pembeli yang mengira bahwa mereka mendapatkan obat yang lebih lemah," kata Chelsea Shover, asisten profesor kedokteran di David Geffen School of Medicine di UCLA, pada bulan Februari.

Peringatan perjalanan dari Departemen Luar Negeri AS pada bulan Maret mengatakan bahwa pil palsu yang dijual di apotek-apotek di Meksiko mungkin mengandung fentanil dalam dosis yang mematikan.

Baca juga: Jepang Setujui Pil Aborsi untuk Gugurkan Kehamilan Tahap Awal

Angkatan Laut Meksiko tidak mengonfirmasi bahwa ada pil yang mengandung fentanil yang ditemukan dalam penggerebekan minggu lalu, tetapi mengatakan bahwa obat-obatan telah disita untuk menguji apakah pil-pil tersebut mengandung fentanil.

Fentanil adalah opioid sintetis yang jauh lebih kuat daripada morfin, dan telah disalahkan atas sekitar 70.000 kematian akibat overdosis per tahun di Amerika Serikat.

Baca juga: Badan Pengawas Obat AS Akan Izinkan Apotek Jual Pil Aborsi

Kartel Meksiko memproduksinya dari bahan kimia prekursor yang diselundupkan dari China, dan kemudian sering kali menekannya menjadi pil yang dirancang agar terlihat seperti obat lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com