Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengacara Donald Trump Minta Sidang Kasus Pemilu 2020 Ditunda

Kompas.com - 09/08/2023, 20:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Pengacara mantan Presiden Donald Trump pada hari Selasa (8/8/2023) meminta hakim menunda persidangan Trump atas tuduhan mencoba membatalkan pemilu 2020.

Pengadilan itu sendiri bisa membantu menentukan bagaimana bukti dapat digunakan dan dibagikan dalam kasus tersebut.

Pengacara Trump dan tim Penasihat Khusus AS Jack Smith berselisih dalam pengajuan pengadilan bersama mengenai tanggal sidang di hadapan Hakim Pengadilan Distrik AS Tanya Chutkan untuk membahas penanganan bukti.

Baca juga: Trump Mengaku Tidak Bersalah dalam Kasus Penyimpanan Dokumen Rahasia

Dilansir dari Reuters, jaksa penuntut mengatakan bahwa mereka punya waktu sepanjang minggu.

Pengacara Trump pun meminta penundaan hingga awal pekan depan.

Sebelumnya, tim pembela Trump menentang permintaan dari jaksa penuntut agar Chutkan memberlakukan perintah perlindungan untuk memastikan bukti rahasia tidak dibagikan kepada publik oleh Trump, yang menunjukkan bahwa ia dapat menggunakan informasi tersebut untuk mengintimidasi para saksi.

Pengacara Trump mengatakan bahwa pembatasan tersebut akan melanggar haknya untuk bebas berbicara, yang dilindungi oleh Amandemen Pertama Konstitusi AS.

Biasanya, pengacara pembela tidak menentang perintah perlindungan seperti itu karena hal itu dapat menunda pemerintah untuk menghasilkan bukti yang akan digunakan di persidangan dalam proses penemuan bukti.

Chutkan memerintahkan kedua belah pihak untuk mengajukan tanggal sidang minggu ini untuk membahas ketidaksepakatan mereka.

Ketidaksepakatan mengenai tanggal sidang merupakan upaya terbaru dari tim Trump untuk menunda atau memperlambat proses hukum.

Baca juga: Trump Mengaku Tak Bersalah atas Tuduhan Batalkan Hasil Pilpres 2020

Hal ini juga menggarisbawahi tantangan logistik yang mungkin dihadapi oleh tim Trump karena terus mewakilinya dalam dua kasus kriminal federal terpisah yang diajukan oleh kantor Smith, satu di Washington DC, dan satu lagi di Florida selatan.

Di Florida, Trump didakwa dengan tuduhan menyimpan catatan yang sangat rahasia setelah meninggalkan Gedung Putih dan menghalangi upaya pemerintah untuk mengembalikan catatan tersebut.

Salah satu pengacara Trump, Todd Blanche, akan hadir di pengadilan federal di Florida pada untuk mendengarkan dakwaan.

Ini setelah pemerintah mengajukan surat dakwaan pengganti yang mendakwa Trump dengan dakwaan kriminal tambahan dan juga mendakwa salah satu pegawainya yang lain dalam kasus ini.

Baca juga: Reaksi Pejabat AS Usai Trump Didakwa soal Kasus Pilpres 2020

Dalam pengajuan bersama di Washington, pengacara Trump mengatakan bahwa Trump menginginkan Blanche dan pengacaranya yang lain, John Lauro, untuk hadir dalam sidang di hadapan Chutkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com