Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Perang Rusia Dilaporkan Lintasi Lepas Pantai Taiwan

Kompas.com - 28/06/2023, 08:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

TAIPEI, KOMPAS.com - Taiwan melihat dua kapal perang Rusia di lepas pantai timurnya pada Selasa (27/6/2023) dan mengirim pesawat dan kapalnya sendiri untuk berjaga-jaga.

Kementerian pertahanan pulau itu mengatakan, kedua kapal itu berlayar ke arah utara lepas pantai timur Taiwan dan kemudian berangkat dari zona respons Taiwan ke arah tenggara dari kota pelabuhan Suao.

Area itu merupakan rumah bagi basis angkatan laut utama Taiwan.

Baca juga: Sikap Blinken Tak Dukung Kemerdekaan Taiwan Disebut Bertentangan dengan Biden

Dilansir dari Reuters, militer Taiwan mengirim pesawat dan kapal untuk berjaga-jaga dan mengaktifkan sistem rudal berbasis pantai, tambahnya, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Kantor berita Rusia Interfax melaporkan pada hari Selasa bahwa detasemen kapal Armada Pasifik Rusia telah memasuki bagian selatan Laut Filipina untuk melakukan tugas sebagai bagian dari jalur laut jarak jauh.

Taiwan telah bergabung dengan Amerika Serikat dan sekutunya dalam memberlakukan sanksi luas terhadap Rusia setelah invasi ke Ukraina.

Baca juga: Taiwan Tawarkan UE Pererat Kerja Sama dengan Imbalan Investasi Chip

Taiwan yang diperintah secara demokratis, yang dipandang China sebagai wilayahnya sendiri, selama tiga tahun terakhir secara teratur melaporkan kapal angkatan laut China dan pesawat angkatan udara beroperasi di sekitar pulau itu.

Ini terjadi ketika Beijing berusaha untuk menekan klaim teritorialnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com