Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rencana Mantan PM Inggris Liz Truss Kunjungi Taiwan Picu Kontroversi

Kompas.com - 11/05/2023, 18:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Guardian

LONDON, KOMPAS.com - Ketua Konservatif dari Komite Pemilihan Urusan Luar Negeri Inggris telah meluncurkan serangan terhadap mantan perdana menteri yang mengundurkan diri Liz Truss.

Ini terkait rencana Truss mengunjungi Taiwan.

Rencana ini disebutnya sebagai "diplomasi Instagram terburuk".

Baca juga: Putin Sebut Eks PM Inggris Liz Truss Gila Saat Bicara Peluang Rusia Pakai Nuklir

Dilansir dari Guardian, Alicia Kearns mengatakan perjalanan Truss yang direncanakan minggu depan tidak lebih dari proyek kesombongan.

Truss disebut bertujuan untuk menjaga profilnya tetap tinggi setelah periode singkatnya sebagai perdana menteri tahun lalu.

Truss berencana melakukan perjalanan untuk menunjukkan solidaritas dengan rakyat Taiwan di tengah agresi dari Beijing.

Taiwan adalah negara demokrasi dengan pemerintahan sendiri, tetapi China menganggapnya sebagai provinsi pemberontak yang harus dipersatukan kembali dengan daratan.

Perjalanan Truss berpotensi mengganggu pendekatan seimbang pemerintah Inggris terhadap hubungan China.

Menteri Luar Negeri Inggris James Cleverly, berargumen bahwa Inggris seharusnya tidak terlalu mengaitkan diri dengan masalah China.

"Perjalanan itu bersifat performatif, bukan substantif. Ini adalah contoh terburuk dari diplomasi Instagram," ujar Kearns.

Baca juga: [KABAR DUNIA SEPEKAN] Xi Jinping Amankan Masa Jabatan Ketiga | PM Inggris Liz Truss Mundur

Dia menambahkan bahwa perjalanan itu kemungkinan akan membuat hidup lebih sulit bagi rakyat Taiwan, yang sudah harus hidup dengan tingkat aksi militer China yang lebih tinggi setelah kunjungan Nancy Pelosi, yang saat itu menjadi ketua DPR AS.

Beijing menanggapi kunjungan itu dengan mengirimkan kapal perang dan jet militer untuk mengepung pulau itu dan menembakkan rudal ke atasnya.

“Ini sangat tidak membantu karena meningkatkan situasi normal di Taiwan,” kata Kearns.

Baca juga: PM Inggris Mengundurkan Diri, Ini Deretan Kesalahan Liz Truss

“Orang Taiwan sudah harus hidup dengan lebih banyak manuver militer China karena kunjungan Nancy Pelosi. Liz Truss tidak memiliki pengaruh lagi. Ini lebih tentang menjaga dirinya tetap relevan," tambahnya.

Seorang juru bicara Truss membalas dengan mengatakan bahwa antan perdana menteri telah diundang untuk berkunjung oleh pemerintah Taiwan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com