Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Virdika Rizky Utama
Peneliti PARA Syndicate

Peneliti PARA Syndicate dan Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Politik, Shanghai Jiao Tong University.

Peran Indonesia di Tengah Persaingan AS-China di Asia-Pasifik

Kompas.com - 05/06/2023, 16:11 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

DINAMIKA geopolitik yang rumit di Asia-Pasifik, yang ditandai dengan meningkatnya persaingan strategis antara China dan Amerika Serikat (AS), menjadi perhatian penting Indonesia. Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dan dengan jumlah penduduk terpadat keempat di dunia, Indonesia yang terletak secara strategis di antara Samudra Hindia dan Pasifik, merupakan pemain penting dalam perimbangan kekuatan di kawasan ini.

Indonesia secara historis menganut kebijakan luar negeri 'bebas dan aktif'. Meningkatnya persaingan antara negara adidaya AS dan China telah menempatkan Indonesia pada posisi genting.

Selama beberapa dekade, Indonesia mempertahankan hubungan yang secara umum harmonis dengan China dan AS. Indonesia menerima investasi dan bantuan dari keduanya sambil berkolaborasi di berbagai sektor seperti perdagangan, pendidikan, dan teknologi.

Baca juga: G7 Peringatkan China atas Kegiatan Militerisasi di Kawasan Asia-Pasifik, tapi...

Indonesia biasanya menahan diri untuk tidak memihak dalam sengketa teritorial Laut China Selatan, meskipun Indonesia menghadapi tantangan dengan China di perairan dekat Kepulauan Natuna. Persaingan strategis antara AS dan China di Asia-Pasifik memperkenalkan dinamika baru.

Pendekatan proaktif China, menggunakan latihan militer bersama sebagai alat kebijakan luar negeri, menandakan pergeseran lanskap geopolitik regional. China bertujuan untuk memperkuat hubungannya dengan negara-negara tetangga melalui latihan-latihan itu, untuk melawan ekspansi militer AS.

Strategi itu mencakup negara-negara seperti Kamboja, Laos, Malaysia, Thailand, dan Vietnam, yang masing-masing sangat penting dalam strategi regional China yang lebih luas. Namun, penting untuk diketahui bahwa Indonesia tetap tidak terlibat dalam latihan militer bersama itu, baik dengan China maupun AS.

Netralitas itu menggarisbawahi kebijakan luar negeri Indonesia yang 'bebas dan aktif', yang telah menjadi ciri khas sejak kemerdekaannya.

Pandangan ASEAN dan Ketegangan di Kawasan

 

Selain itu, meskipun Indonesia terlibat dalam latihan militer bilateral dengan AS dan China, Indonesia secara konsisten menolak aliansi atau blok militer formal apapun. Indonesia lebih memilih untuk memperkuat hubungan diplomatik melalui organisasi-organisasi seperti Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

Meningkatnya persaingan dan kehadiran militer yang meningkat di kawasan tentu saja menimbulkan kekhawatiran bagi Indonesia. Sebagai anggota kunci ASEAN, Indonesia berkepentingan untuk mempertahankan sentralitas kelompok ini dalam arsitektur keamanan regional dan memastikan bahwa kawasan ini tetap bebas dari dominasi kekuatan eksternal.

Prinsip ASEAN untuk tidak mencampuri urusan dalam negeri negara lain dan penyelesaian sengketa secara damai merupakan nilai-nilai yang diprioritaskan Indonesia. Dalam konteks ini, Indonesia lebih memilih "kerja sama Indo-Pasifik" daripada "persaingan Indo-Pasifik." Itu sebuah pendekatan yang memandu navigasi melalui perubahan geopolitik yang sedang berlangsung.

Preferensi tersebut terlihat jelas dalam upaya Indonesia mempromosikan Pandangan ASEAN tentang Indo-Pasifik, yang menekankan inklusivitas, kerja sama, dan tatanan berbasis aturan, yang bertentangan dengan persaingan kekuatan besar.

Pergeseran dinamika lanskap keamanan Asia-Pasifik, yang diakibatkan persaingan strategis antara China dan AS, menimbulkan tantangan yang signifikan bagi Indonesia. Selain berusaha untuk menyeimbangkan hubungannya dengan kedua negara adidaya tersebut, Indonesia juga bertujuan untuk mempertahankan sentralitas dan persatuan ASEAN di tengah tekanan yang meningkat.

Baca juga: Transformasi Ekonomi China dan Implikasinya di Asia Pasifik

Indonesia, dan bisa dibilang negara-negara anggota ASEAN lainnya, tidak berfokus pada pemilihan sisi, tetapi pada pengembangan tatanan regional yang terbuka, inklusif, dan berbasis aturan. Pendekatan ini menekankan koeksistensi dan kerja sama yang damai di atas persaingan dan konflik.

Meningkatnya ketegangan dan persaingan di kawasan ini semakin menggarisbawahi perlunya negara-negara ASEAN, termasuk Indonesia, memajukan Pandangan ASEAN tentang Indo-Pasifik. Kerangka kerja ini mendorong dialog dan kerja sama, pendekatan yang sangat dibutuhkan dalam menghadapi ketegangan yang meningkat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com