Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Koki Nigeria Memasak 100 Jam Tanpa Henti

Kompas.com - 16/05/2023, 12:47 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber

ABUJA, KOMPAS.com - Seorang juru masak Nigeria pada Senin (15/5/2023) mencetak rekor global baru untuk memasak nonstop dengan jam terlama saat dia memasak selama 100 jam, melampaui rekor saat ini.

Hilda Baci telah memasak sejak pekan lalu. Dia bersiap untuk memecahkan Rekor Dunia Guinness 87 jam 45 menit yang ditetapkan pada 2019 oleh Lata Tondon, seorang koki India.

Sekitar pukul 19.45 GMT pada hari Senin, Baci memasak selama 100 jam di daerah Lekki di Lagos, pusat komersial Nigeria, untuk menjadi sensasi nasional di negara Afrika Barat itu.

Baca juga: Cari Istri Bisa Masak, Pengusaha Ini Tawarkan Rp 33,7 Juta bagi yang Menemukan Jodoh Untuknya

Dilansir dari Associated Press, ribuan orang yang berkumpul di tempat kejadian bergembira dan menyanyikan pujian saat dia berhenti memasak beberapa menit kemudian.

Guinness World Records mencuit bahwa mereka mengetahui upaya koki untuk memecahkan rekor memasak.

“Kami perlu meninjau semua bukti terlebih dahulu sebelum secara resmi mengonfirmasi sebuah rekor,” kata merek global tersebut.

Dengan mencoba untuk memecahkan rekor, koki Nigeria itu mengatakan bahwa dia ingin menunjukkan betapa pekerja keras, menunjukkan tekad pemuda Nigeria.

Ini juga dilakukannya sebagai kampanye untuk wanita muda Afrika yang dikesampingkan dalam masyarakat.

“Bahkan ketika berbicara tentang merek yang ingin Anda ajak bekerja sama, sepertinya Anda harus berusaha lebih keras untuk dianggap serius,” kata Baci, menambahkan bahwa dia juga berharap dunia akan belajar lebih banyak tentang masakan Nigeria.

Pada pukul 15.00 GMT pada hari Kamis (11/5/2023), dia mulai memasak lusinan masakan Nigeria di bawah pengawasan, mulai dari sup hingga rebusan dan berbagai protein.

Baca juga: Viral Video Majikan Tulis 12 Aturan untuk ART, Harus Mandi Setelah Masak dan Dilarang Hidupkan AC Tanpa Izin

Nasi jollof, salah satu hidangan Afrika Barat paling ikonik, juga ditampilkan di menu.

Dia hanya memiliki waktu istirahat lima menit setiap jam atau akumulasi satu jam setelah rentang waktu 12 jam untuk hal lainnya, mulai dari mandi hingga pemeriksaan kesehatan dan istirahat.

Saat ribuan penduduk setempat dan selebritas mendukungnya di tempat kejadian sepanjang siang dan malam, lebih banyak lagi yang dipantau secara online melalui beberapa platform streaming.

Baca juga: Suami Ceraikan Istri karena Hanya Bisa Masak Mi Instan untuk Makan 3 Kali Sehari

Setelah dia melampaui rekor memasak saat ini, Presiden Muhammadu Buhari mencuit bahwa Senin adalah hari yang luar biasa bagi Nigeria.

“Penggerak, ambisi, dan ketangguhan Hilda telah membawa minat dan wawasan yang besar pada keunikan makanan Nigeria,” kata Buhari.

Saat Baci mendekati angka 100 jam, Kingsley Ofoma di tempat kejadian mengatakan dia tidak pernah meragukannya untuk melampaui rekor global.

Baca juga: Gara-gara Masak Keasinan, Istri Tewas Dipukuli Suami

“Energi di sini sangat tinggi dan positif. Semua orang bersenang-senang, ”katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com