Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukraina Terkini: Zelensky Tiba di Roma, Temui PM Italia dan Paus Fransiskus

Kompas.com - 13/05/2023, 17:53 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

ROMA, KOMPAS.com - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky tiba di Roma pada Sabtu (13/5/2023) untuk bertemu Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni dan Paus Fransiskus.

Ini merupakan kunjungan pertama Zelensky ke Italia sejak invasi Rusia.

"Hari ini di Roma," twit Zelensky setelah tiba di pangkalan militer Bandara Ciampino Roma sesaat sebelum pukul 08.30 GMT. Di sana dia bertemu Menteri Luar Negeri Italia Antonio Tajani.

Baca juga: Zelensky Bersumpah Rusia Akan Dikalahkan, Sama Seperti Nazi Saat Perang Dunia 2

"Saya bertemu Presiden Italia Sergio Mattarella, Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni dan Paus. Kunjungan penting untuk mendekati kemenangan Ukraina!" lanjutnya.

Kantor berita AFP melaporkan, tayangan televisi menunjukkan iring-iringan panjang kendaraan yang membawa pemimpin Ukraina itu meninggalkan bandara. Pasukan keamanan me-lockdown sebagian besar wilayah ibu kota.

Terlepas dari sejarah hubungan hangat dengan Moskwa, Italia selaku anggota NATO dan Uni Eropa mengirim bantuan senjata dan uang ke Kyiv sejak Rusia menginvasi pada Februari 2022.

"Negeri Piza" tersebut juga mendukung sanksi Barat terhadap Rusia.

Baca juga:

Namun, pengiriman senjata ke Kyiv tetap menjadi isu sensitif secara politik di Italia. Pemerintah tidak pernah mengungkapkan secara pasti apa yang diberikan.

Meloni, yang mengunjungi Kyiv pada Februari 2023, menjamu Perdana Menteri Ukraina Denys Shmyhal di Roma bulan lalu.

Dalam konferensi tersebut, mereka membahas bagaimana bisnis Italia dapat membantu membangun kembali Ukraina yang dilanda perang.

Tidak diketahui berapa lama Zelensky akan berada di Roma. Ada spekulasi dia juga berencana mengunjungi Jerman akhir pekan ini.

Baca juga: Zelensky Telepon Xi Jinping, Kali Pertama Sejak Perang Rusia-Ukraina

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com