Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Australia Selamatkan 11 Nelayan Indonesia yang Terdampar 6 Hari Tanpa Makanan

Kompas.com - 19/04/2023, 12:46 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

BROOME, KOMPAS.com - Pasukan Perbatasan Australia pada Rabu (18/4/2023) mengumumkan penyelamatan 11 nelayan Indonesia yang kapalnya karam, dan terdampar enam hari tanpa makanan atau perbekalan di lepas pantai barat.

Mulanya sepuluh nelayan pria terdampar di Pulau Bedwell, sekitar 300 kilometer sebelah barat kota resor Broome, setelah perahu mereka karam dihantam badai tropis parah saat memancing di Samudera Hindia.

Kemudian, nelayan kesebelas dari kapal kedua terbawa ke darat setelah terombang-ambing di laut selama 30 jam.

Baca juga: Nasib Kapal Pesiar Milik Saddam Hussein, Kini Jadi Tempat Piknik dan Memancing Nelayan

Pihak berwenang Australia khawatir sembilan nelayan lainnya tenggelam setelah kapal mereka tenggelam di arus laut yang deras.

Foto-foto menunjukkan para nelayan terdampar itu membuat kemah darurat di pantai yang sempit, menyelamatkan apa pun yang ada dari bangkai perahu kecil mereka di dekatnya.

Dikutip dari kantor berita AFP, lokasi Pulau Bedwell terpencil, terbuka, dan tidak ramah ditempati. Pulau ini hanya berupa hamparan pasir putih tanpa perlindungan alami atau sumber air tawar.

Baca juga:

Kesebelas nelayan tersebut dievakuasi dari pulau dengan helikopter penyelamat pada Senin (17/4/2023) malam setelah ditemukan oleh pesawat pengintai Pasukan Perbatasan Australia yang sedang berpatroli.

Mereka sekarang mendapat perawatan medis di daratan Australia dan akan kembali ke Indonesia setelah pulih, kata ofisial setempat.

"Setibanya mereka di daratan, orang-orang itu diberi perawatan dan dukungan medis yang sesuai," ujar Otoritas Keselamatan Maritim Australia.

Topan Tropis Ilsa menghantam Australia Barat pada Jumat (14/4/2023) pekan lalu, menerjang wilayah pesisir dengan beberapa angin terkuat yang tercatat di negara itu.

Baca juga: 4 Nelayan Indonesia Didenda Ratusan Juta di Australia, Punya Sirip Hiu di Kapal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com