Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putin Disebut Punya Jaringan Kereta Rahasia, Tak Bisa Dilacak

Kompas.com - 06/04/2023, 22:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Guardian

MOSKWA, KOMPAS.com - Seorang petugas keamanan senior Rusia yang membelot tahun lalu telah memberikan informasi langka tentang gaya hidup paranoid Presiden Rusia Vladimir Putin.

Dia memberi rincian jaringan kereta api rahasia, kantor yang identik di berbagai kota, karantina pribadi yang ketat, dan peningkatan protokol keamanan.

Gleb Karakulov, yang sempat menjabat sebagai kapten di Layanan Perlindungan Federal (FSO), sebuah badan kuat yang bertugas melindungi pejabat tertinggi Rusia, mengatakan langkah-langkah itu dirancang untuk menutupi keberadaan presiden Rusia.

Baca juga: Putin: Intel Barat Bantu Ukraina Serang Rusia

Putin, digambarkannya punya ketakutan terkait keamanannya.

Pria berusia 36 tahun itu mengatakan kereta itu digunakan karena tidak dapat dilacak pada sumber informasi apa pun.

"Itu dilakukan untuk tujuan sembunyi-sembunyi," ujarnya, seperti dilansir dari Guardian.

Outlet investigasi Rusia Proekt melaporkan sebelumnya tentang keberadaan kereta api dan jaringan kereta api rahasia termasuk jalur dan stasiun paralel di dekat kediaman Putin di Novo-Ogaryovo di wilayah Moskwa dan di dekat kediamannya Bocharov Ruchei di resor Laut Hitam Sochi.

Guardian telah meninjau wawancara dengan Karakulov oleh Dossier Center, sebuah badan informasi politik yang didirikan oleh miliarder Rusia yang diasingkan, Mikhail Khodorkovsky.

Kredensial insinyur komunikasi senior Rusia, yang bepergian bersama Putin secara ekstensif dan membantu mengirimkan sebagian pesan rahasianya telah dikonfirmasi.

Karakulov adalah anggota "tim lapangan" Direktorat Komunikasi Kepresidenan yang mengenkripsi pesan pejabat tinggi Rusia dan memperkirakan dia telah melakukan lebih dari 180 perjalanan dengan pejabat tinggi.

Baca juga: Penasihat Presiden Brasil Ungkap Hasil Pertemuan dengan Putin, Terbuka Pembicaraan Damai Rusia-Ukraina?

Dia tampaknya menjadi pejabat intelijen berpangkat tertinggi yang membelot sejak dimulainya perang Rusia di Ukraina.

Dalam wawancara tersebut, Karakulov menyebut Putin sebagai penjahat perang dan mengatakan kepada sesama perwira bahwa mereka harus mengungkapkan informasi yang disembunyikan dari publik Rusia.

"Presiden kita telah kehilangan kontak dengan dunia," katanya.

“Dia telah hidup dalam kepompong informasi selama beberapa tahun terakhir, menghabiskan sebagian besar waktunya di kediamannya, yang oleh media disebut bunker."

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-404 Serangan Rusia ke Ukraina: Putin Jamin Tentara Hidup Layak, Wagner Klaim Rebut Bakhmut

"Dia secara patologis takut akan hidupnya. Dia mengelilingi dirinya dengan penghalang karantina yang tidak bisa ditembus dan kekosongan informasi. Dia hanya menghargai hidupnya sendiri, keluarga dan teman-temannya,” tambahnya.

Karakulov menggambarkan keadaan virtual dalam sebuah negara bagian yang mencakup petugas pemadam kebakaran, penguji makanan, dan insinyur lain yang bepergian dengan Putin dalam perjalanannya ke luar negeri.

Baca juga: Kunjungi Yagidne, Zelensky Berseru Ingin Putin Ditahan di Ruang Bawah Tanah dengan Ember

Ini memberikan informasi langsung yang langka tentang tingkat paranoia dan gaya hidup presiden Rusia yang terlindungi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com