Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Klaim Atasi Kecanduan Gim di Kalangan Remaja

Kompas.com - 23/11/2022, 17:01 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber AFP

BEIJING, KOMPAS.comChina mengeklaim bahwa pihaknya berhasil menyelesaikan kecanduan gim di kalangan remaja.

Hal tersebut disampaikan badan industri gim China, Komite Grup Industri Gim China dalam sebuah laporan, sebagaimana dilansir AFP, Rabu (23/11/2022).

Pengumuman tersebut disampaikan selang setahun setelah Pemerintah China membatasi jumlah jam bermain gim untuk anak muda dalam sehari.

Baca juga: Kondisi Mulus dan Tersegel, Gim Mario Bros Ini Laku Rp 1,2 Miliar

China adalah pasar gim terbesar di dunia. Di satu sisi, Beijing mengecap kecanduan gim sebagai candu spiritual.

Tahun lalu, Pemerintah China menerapkan pembatasan yang ketat di sektor gim.

Sejak September 2021, anak di bawah 18 tahun hanya diperbolehkan bermain gim online antara pukul 20.00 hingga 21.00 pada Jumat, Sabtu, dan Minggu selama masa sekolah.

Komite Grup Industri Gim China mengatakan dalam laporan terbarunya, lebih dari 75 persen anak di bawah umur bermain kurang dari tiga jam dalam sepekan.

Baca juga: Gim The Legend of Zelda Tahun 1987 Laku Rp 11 Miliar, Kondisinya Mulus dan Tersegel

“Dan kecanduan dim pada dasarnya telah teratasi,” ucap Komite Grup Industri Gim China dalam laporannya yang dirilis bersama data provider CNG.

“Sistem anti-kecanduan yang diadopsi oleh perusahaan game mencakup lebih dari 90 persen pengguna gim di bawah umur,” sambung laporan tersebut.

Sekitar 98 persen orang berusia 9 hingga 19 tahun di China memiliki ponsel. Selain itu, ada sekitar 186 juta pengguna internet berusia 18 tahun atau lebih muda.

Para pemain gim diharuskan untuk menggunakan kartu identitas mereka saat mendaftar untuk bermain online guna memastikan anak di bawah umur tidak berbohong tentang usia mereka.

Baca juga: Pengembang Gim Game of Thrones Tewas, Diduga Diracuni Temannya Sendiri

Perusahaan juga dilarang menawarkan layanan gim kepada anak muda di luar jam yang diamanatkan pemerintah.

Akan tetapi, ada tanda-tanda baru-baru ini bahwa Beijing melunakkan pendiriannya terhadap sektor tersebut.

Para pejabat perlahan-lahan mulai menyetujui beberapa judul baru setelah membekukan persetujuan selama sembilan bulan hingga April.

Pekan lalu, raksasa teknologi Tencent mendapatkan lisensi pertamanya untuk video gim dalam 18 bulan, mengakhiri masa kering yang mengancam posisinya sebagai pembuat gim top dunia.

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Selebgram Mutilasi Ibunya Hidup-hidup | Gadis Lakukan Operasi Otak Sambil Main Kibor dan Gim

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com