Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamala Harris Bertemu Aktris Ternama Iran, Tegaskan Dukungan pada Gerakan Perempuan

Kompas.com - 15/10/2022, 13:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber The Hill

TEHERAN, KOMPAS.com - Wakil Presiden AS Kamala Harris bertemu dengan aktris Nazanin Boniadi pada hari Jumat (14/10/2022) untuk menunjukkan dukungannya kepada pengunjuk rasa di Iran.

Dilansir The Hill, wakil presiden menekankan kepada Boniadi bagaimana keberanian para aktivis perempuan ini telah menginspirasi dia dan dunia, menurut pembacaan dari kantor Harris.

Boniadi, seorang aktris kelahiran Iran dan advokat hak asasi manusia yang dikenal karena perannya dalam "Lord of the Rings: The Rings of Power" Amazon Prime, telah berbicara untuk mendukung para pengunjuk rasa.

Baca juga: Demo Iran: Sedikitnya 23 Anak-anak Tewas

Dalam pertemuan tersebut, Harris “memuji mereka yang berada di Iran dan diaspora Iran yang menyuarakan aspirasi generasi baru yang mencari hak-hak fundamental yang selama beberapa dekade coba disangkal dan ditekan oleh rezim Iran melalui represi dan kekerasan.”

Dia juga menggarisbawahi bahwa pemerintahan Biden akan terus mendukung para pengunjuk rasa, termasuk dengan bekerja untuk memudahkan orang Iran mengakses internet dan dengan meminta pertanggungjawaban pejabat Iran atas kebrutalan mereka.

Baca juga: Iran Kecam Keputusan Inggris karena Beri Sanksi ke Polisi Moral

Biden awal bulan ini mengutuk kekerasan terhadap pengunjuk rasa di Iran dan memperingatkan bahwa AS akan mengenakan biaya lebih lanjut pada pelaku kekerasan.

Wanita Iran telah memprotes pemerintah setelah kematian Mahsa Amini, seorang wanita berusia 22 tahun yang ditangkap oleh polisi moral negara itu sebulan yang lalu.

Baca juga: Situasi Protes Iran: Ramai-ramai Lepas Jilbab, Dugaan Kekerasan Aparat dan Tuduhan Barat Terlibat#

Gedung Putih telah mengatakan bahwa AS meminta pertanggungjawaban pejabat dan entitas Iran seperti polisi moralitas, penegak kode etik Islam pemerintah.

Pada bulan September, Departemen Keuangan mengumumkan pengecualian terhadap sanksi Iran.

Hal ini memberi wewenang kepada perusahaan teknologi untuk menawarkan lebih banyak pilihan kepada orang-orang Iran untuk platform dan layanan luar yang aman setelah Teheran memutus akses internet untuk sebagian besar negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com