Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jurnalis Inggris Hilang Misterius di Hutan Terpencil Brasil

Kompas.com - 08/06/2022, 19:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber CNN

KOMPAS.com - Seorang jurnalis veteran Inggris dan pakar urusan adat Brasil hilang di Lembah Javari yang terpencil di Brasil, di bagian paling barat negara bagian Amazonas.

Dilansir CNN, jurnalis Dom Phillips dan Bruno Araujo Pereira, seorang staf yang sedang cuti dari Yayasan Nasional Adat Brasil (FUNAI), telah hilang selama lebih dari 30 jam, menurut Koordinasi Organisasi Adat.

Organisasi, yang dikenal sebagai UNIVAJA, mengatakan bahwa informasi satelit menunjukkan lokasi terakhir mereka berada di komunitas Sao Rafael pada Minggu pagi, dimana mereka diharapkan bertemu dengan seorang pemimpin lokal yang tidak pernah muncul.

Baca juga: Korban Tewas Akibat Banjir dan Tanah Longsor Brasil Mencapai 100 Jiwa

Setelah itu, mereka berencana melakukan perjalanan dua jam ke Atalaia do Norte, tetapi tidak pernah tiba, kata organisasi itu, yang pada Minggu (4/6/2022) mengerahkan dua tim penyelamat untuk mencari mereka.

Rumah bagi ribuan penduduk asli dan sekitar 16 kelompok yang belum tersentuh, Lembah Javari, adalah tambal sulam sungai dan hutan lebat yang membuat akses menjadi sangat sulit.

Pencarian Phillips dan Pereira masih berlangsung. Kantor kejaksaan federal Brasil dan polisi federal sedang menyelidiki penghilangan tersebut.

Menurut Eliesio Marubo, perwakilan hukum UNIVAJA, Angkatan Laut dan polisi militer negara bagian juga berpartisipasi dalam upaya pencarian.

Baca juga: Banjir Bandang dan Tanah Longsor Terjang Brasil, 34 Orang Tewas

Gubernur negara bagian Amazonas Wilson Lima telah memerintahkan pengerahan pasukan khusus polisi untuk memperkuat operasi pencarian dan penyelamatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com