Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Tewas Akibat Banjir dan Tanah Longsor Brasil Mencapai 100 Jiwa

Kompas.com - 01/06/2022, 12:01 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

RECIFE, KOMPAS.com - Korban tewas akibat banjir dan tanah longsor Brasil setelah hujan deras di timur laut "Negeri Samba" telah mencapai 100 jiwa, menurut laporan AFP dan surat kabar Folha de S Paulo Brasil, mengutip pejabat setempat.

Tanah longsor menghancurkan seluruh komunitas miskin di luar kota Recife, ibu kota negara bagian Pernambuco.

Baca juga: Banjir Bandang dan Tanah Longsor Terjang Brasil, 34 Orang Tewas

Pejabat manajemen bencana lokal mengatakan pada Selasa (31/5/2022) bahwa setidaknya 14 orang masih hilang, sebagaimana dilansir Al Jazeera.

Gubernur negara bagian Pernambuco, Paulo Camara, dalam sebuah wawancara dengan media lokal, mengatakan prioritas pemerintah adalah menemukan mereka yang masih hilang di tengah tanah longsor dan banjir besar.

"Kami tidak akan berhenti sampai kami menemukan semua yang hilang. Ini adalah poin fundamental saat ini," kata Camara.

Reuters melaporkan, ini adalah peristiwa banjir besar keempat dalam lima bulan, menggarisbawahi kurangnya perencanaan kota di lingkungan berpenghasilan rendah di sebagian besar Brasil, di mana kota-kota kumuh sering dibangun di lereng bukit yang rawan runtuh.

Pada akhir Desember dan awal Januari, puluhan orang tewas dan puluhan ribu mengungsi saat hujan mengguyur negara bagian Bahia, yang juga terletak di timur laut Brasil.

Sedikitnya 18 orang lagi tewas akibat banjir di negara bagian tenggara Sao Paulo pada Januari.

Sementara hujan deras di negara bagian Rio de Janeiro menewaskan lebih dari 230 orang pada bulan berikutnya.

Foto 30 Mei 2022 ini disediakan oleh Kantor Pers Kepresidenan Brasil, menunjukkan pemandangan dari udara di atas area banjir setelah hujan lebat di Recife, negara bagian Pernambuco, Brasil.AP PHOTO/CLAUBER CLEBER CAETANO Foto 30 Mei 2022 ini disediakan oleh Kantor Pers Kepresidenan Brasil, menunjukkan pemandangan dari udara di atas area banjir setelah hujan lebat di Recife, negara bagian Pernambuco, Brasil.

Baca juga: 136 Korban Tewas, 218 Masih Hilang akibat Banjir Bandang dan Longsor Brasil

Presiden Brasil Jair Bolsonaro telah terbang di atas daerah itu pada Senin (30/5/2022). Dia berjanji untuk melakukan segala yang mungkin untuk "meringankan rasa sakit" dari mereka yang terkena dampak.

Bolsonaro mengutip bencana serupa baru-baru ini di pegunungan di atas Rio de Janeiro, di negara bagian Bahia selatan dan di negara bagian Minas Gerais.

“Ironisnya, bencana ini terjadi di negara seukuran benua,” kata Bolsonaro.

“Kami semua jelas sedih. Kami menyampaikan simpati kepada anggota keluarga. Tujuan kami yang lebih besar adalah untuk menghibur keluarga dan juga, dengan sarana materi, melayani penduduk.”

Bolsonaro mengumumkan pemerintahnya akan mengalokasikan 210 juta dollar AS (Rp 3 triliun) untuk membantu para korban.

Jumlah kotamadya yang telah menyatakan situasi darurat di Pernambuco naik menjadi 24 pada Selasa (31/5/2022), menurut Folha de S Paulo.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com