Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kane Tanaka Orang Tertua di Dunia Meninggal pada Usia 119 Tahun

Kompas.com - 25/04/2022, 15:35 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

FUKUOKA, KOMPAS.com - Kane Tanaka perempuan Jepang yang dinobatkan sebagai orang tertua di dunia meninggal pada usia 119 tahun, kata otoritas setempat pada Senin (25/4/2022).

Kane Tanaka lahir pada 2 Januari 1903 di Fukuoka, Jepang, tahun yang sama ketika Wright bersaudara terbang untuk kali pertama dan Marie Curie menjadi perempuan pertama yang memenangi Hadiah Nobel.

Orang tertua di dunia ini dalam kondisi kesehatan yang relatif baik sebelum meninggal dan tinggal di panti jompo. Di sana Kane Tanaka menikmati permainan papan, memecahkan soal matematika, minum soda, dan makan cokelat.

Baca juga: Pria Tertua di Bumi Meninggal pada Usia 112 Tahun, 4 Bulan Usai Memecahkan Rekor Dunia

Di masa mudanya, Kane Tanaka menjalankan berbagai bisnis termasuk toko mi dan toko kue beras. Dia menikah dengan Hideo Tanaka seabad yang lalu pada 1922, melahirkan empat anak dan mengadopsi anak kelima.

Dia berencana menggunakan kursi roda untuk ikut estafet obor Olimpiade Tokyo pada 2021, tetapi pandemi membatalkan keinginannya.

Ketika Guinness World Records mengakuinya sebagai orang tertua yang hidup pada 2019, dia ditanya momen apa yang paling bahagia dalam hidupnya. Jawabannya adalah, "Sekarang."

Rutinitas harian Kane Tanaka antara lain bangun jam 6.00 pagi, dan sore harinya dihabiskan untuk belajar matematika serta berlatih kaligrafi.

"Salah satu hiburan favorit Kane Tanaka adalah permainan Othello dan dia jago dalam permainan papan klasik, sering mengalahkan staf panti jompo," kata Guinness dikutip dari AFP.

Baca juga: Wanita China yang Diklaim sebagai Orang Tertua di Dunia Meninggal pada Usia 135 Tahun

Gubernur setempat Seitaro Hattori memuji kehidupan Tanaka setelah dia meninggal pada 19 April.

"Saya menantikan untuk melihat Kane-san pada Hari Penghormatan untuk Orang Tua tahun ini (libur nasional pada September) dan merayakan bersama dengan soda dan cokelat favoritnya," katanya pada Senin (25/4/2022).

"Saya sangat sedih dengan kabar itu (Kane Tanaka meninggal)."

Jepang memiliki populasi lansia terbanyak di dunia menurut data Bank Dunia, dengan sekitar 28 persen warganya berusia 65 tahun atau lebih.

Orang tertua yang pernah hidup dan diverifikasi oleh Guinness World Records adalah perempuan Perancis Jeanne Louise Calment, yang meninggal dalam usia 122 tahun 164 hari pada 1997.

Baca juga: Hidup sejak 1897, Francisca Susano Orang Tertua di Dunia Meninggal pada Usia 124 Tahun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com