Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Momen Ahli Meteorologi Panik Tornado Menuju Rumahnya, Telepon Keluarganya Sendiri Saat Siaran Langsung

Kompas.com - 03/04/2022, 16:00 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Daily Mail

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Seorang ahli meteorologi yang berbasis di Washington DC menelepon anak-anaknya di tengah siaran langsung untuk memperingatkan mereka tentang tornado yang menuju ke rumah mereka di Maryland.

Doug Kammerer dari NBC Washington melacak badai dengan cermat pada Kamis (31/3/2022) dalam siaran langsung, dan menyadari bahwa jalur tornado sedang menuju langsung ke rumahnya Chevy Chase.

Baca juga: Dua Hari Hujan Deras di Brasil Kembali Picu Bencana Alam, Sedikitnya 14 Tewas, 5 Hilang

Ahli meteorologi itu pun mengeluarkan teleponnya dan menelepon anak-anaknya saat itu juga, dengan kamera masih terus merekam laporannya.

“Faktanya, saya melacak ini dengan sangat cermat sekarang, ini akan melewati rumah saya,” katanya sambil bergerak setengah layar untuk memperbesar tampilan peta jalan dari jalur badai tornado.

Saat ayah dua anak itu kembali ke bingkai, dia mendekatkan ponselnya ke telinganya dan berkata: “Kent, kamu di sana, sayang? Hei kawan, aku ingin kau turun ke ruang bawah tanah. Kami mendapat peringatan tornado.”

Dari seberang telepon putranya menjawab: “Sekarang?”

Kammerer kemudian menyuruh putranya membawa serta adiknya ke ruang bawah tanah dan “masuk ke kamar tidur di sana untuk menunggu 10 sampai 15 menit.”

“Lakukan sekarang. Terima kasih, sayang!” katanya sebelum meneruskan kembali laporan siaran langsungnya.

Baca juga: Alami 10.000 Guncangan Seminggu Terakhir, Warga Kepulauan Azores Waspadai Potensi Bencana Alam

Kepada pemirsa ahli meteorologi kemudian menjelaskan bahwa dia harus segera memperingatkan anak-anaknya. 

“Saya tahu apa yang dilakukan anak-anak saya sekarang, mereka mungkin bermain game online, dan mereka tidak melihat ini (peringatan tornado). .”

Ibu Kent dan Cally tidak ada di rumah pada saat itu, dan Kammerer mengatakan sangat terkejut ketika menyadari bahaya yang akan dihadapi anak-anaknya.

Dilansir Daily Mail pada Sabtu (2/3/2022) Kammerer kemudian mengatakan bahwa keluarganya aman. Tetapi dia mengaku itu adalah “momen menakutkan” baginya. Tidak jelas berapa usia putra dan putrinya.

"Saya sedikit panik," kata Kammerer.

“Saya harus membuat panggilan di TV langsung. Saya belum pernah melakukan hal seperti itu sebelumnya. Anak-anak sendirian di rumah dan saya tahu mereka tidak menonton saya di TV!”

Baca juga: Dua Bayi Terbang dalam Bak Mandi Tertiup Tornado Kentucky Ditemukan Selamat

NBC Washington mengunggah video tersebut di Twitter-nya, mengatakan bahwa ahli meteorologi “bekerja untuk memberi Anda informasi dan keamanan — sama seperti keluarganya sendiri.”

Petugas cuaca memberi tahu para pengikutnya bahwa tornado memang mendarat di Fairfax County dan dua pompa bensin rusak, tetapi tidak ada cedera yang dilaporkan.

Wilayah Prince George dan Montgomery juga ditempatkan di bawah peringatan sampai jam 9 malam pada Kamis (31/3/2022). Para ahli percaya badai itu mungkin terbentuk dari badai Arkansas, menurut NBC4.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com