Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nasib Mahasiswa Indonesia di Rusia, Susah Ambil Uang Kiriman akibat Sanksi Invasi ke Ukraina

Kompas.com - 27/03/2022, 18:29 WIB
Aditya Jaya Iswara

Editor

Penulis: Ayu Purwaningsih/DW Indonesia

TOMSK, KOMPAS.com - Sehari setelah invasi Rusia ke Ukraina, Liani, mahasiswa Indonesia di Tomsk, Rusia, mengambil semua uang tunainya dari Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di kotanya. Beberapa hari setelahnya, SWIFT CODE bank Rusia diblokir. Artinya pengiriman uang dari luar negeri terhambat.

"Tapi sekarang masalahnya, orang tuaku di Indonesia tidak bisa mengirim uang lagi untuk kebutuhanku di sini,” ujarnya lirih.

"Mastercard, visa, perbankan internasional kan dilarang, jadi kita tidak bisa menerima uang dari negara kita seperti negara Indonesia. Misalnya, aku dapat uang bulanan dari orang tua, tapi sulit untuk pengiriman,” kata Liani yang dihubungi DW via Zoom. Saat dihubungi, Liani sedang berada di kamar kos seorang kawannya.

Baca juga: Mengenal SWIFT, Sistem Keuangan Global yang Dipelintir Barat untuk Tekan Rusia

Pada hari Sabtu (26/2/2022), Amerika Serikat, Inggris, dan Uni Eropa memutuskan untuk menutup bank Rusia "terpilih" dari sistem pembayaran SWIFT internasional.

SWIFT atau Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication adalah jaringan pesan global aman yang digunakan bank untuk melakukan pembayaran lintas batas.

Untuk biaya administrasi sekolah, sejauh ini Liani tidak kesulitan karena Pemerintah Rusia memberikan beasiswa. Namun, ia memerlukan tambahan untuk biaya hidup sehari-hari.

"Kebetulan aku dapat beasiswa studi dari pemerintah Rusia dan dapat uang jajan, tapi enggak cukup untuk hidup, tetap harus dapat kiriman dari orang tua," ucapnya.

Memengaruhi mental

Selain pusing dengan biaya kebutuhan sehari-hari, kenaikan harga barang kebutruhan pokok juga mulai terasa di Rusia.

Sementara media sosial di Rusia makin dibatasi. Instagram diblokir di Rusia karena keputusan Meta--induk keduanya--yang membolehkan unggahan ujaran kekerasan untuk Rusia. Sementara Facebook sebelumnya sudah diblokir karena dianggap mendiskriminasi media Rusia.

Baca juga: Warga Rusia Serbu Bank, Waswas Sanksi SWIFT Buat Nilai Mata Uang Rubel Anjlok

Secara mental. Liani mengaku cukup terpukul. "Ke mental aku pribadi, untuk sejauh ini ada rasa takut, tapi aku juga merasa masih aman. Rasa takutnya lebih terasa seperti, 'Apakah ini akan berkepanjangan atau tidak? Apakah nanti akan berdampak dengan studi aku di sini tidak?' Itu rasa takutnya,” ujar Liani lebih lanjut.

"Ya, kalau berkepanjangan, misalnya baru sekarang saja, rubel sudah turun, lalu banyak sanksi-sanksi yang dikasih ke Rusia, itu kan mempersulit kita, begitu. Walaupun mungkin, aku juga tidak tahu, nanti ke depannya bagaimana."

"Walaupun pihak dari KBRI selalu sampaikan, 'Masih aman. Tenang-tenang. Jangan panik, jangan khawatir! Semua aman-aman saja!'. Jadi kita masih pantau, kalau misalnya memang masih aman, ya aman. Tapi nanti kalau misalnya sudah tidak aman, mereka pasti akan pantau dan kasih tahu kita."

Menurut rencana studi, Liani akan lulus satu tahun lagi. Ia sangat ingin menyelesaikan studinya dan kembali ke tanah air.

Harapan akan kedamaian

Di Indonesia, Mariana juga tengah resah. Putrinya bersekolah di kota yang sama dengan Liani.

"Terakhir kirim uang ke Ade awal Februari, itu sampai. Awal Maret kirim hingga sekarang belum juga sampai, tidak tahu uangnya menyangkut di mana. Saya kirim via Wise. Pihak mereka juga belum mengembalikan uang itu." Mariana berharap putrinya segera menyelesaikan studinya dan kembali ke Tanah Air.

"Dari komunikasi via Telegram, putri saya mengatakan untung saja sempat menabung uang yang selama ini saya kirim. Tapi hanya cukup hingga enam bulan ke depan. Semoga invasi Rusia segera usai dan ada jalan damai. Dampak invasi ini benar-benar menyusahkan banyak orang, baik secara langsung maupun tidak langsung,” pungkas Mariana.

Baca juga: Putin Akan ke G20 Bali, Indonesia Tegaskan Tetap Netral sebagai Ketua

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com