Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

India Tak Sengaja Tembakkan Rudal ke Pakistan

Kompas.com - 11/03/2022, 22:30 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

NEW DELHI, KOMPAS.com - Militer India secara tidak sengaja menembakkan rudal ke negara tetangga Pakistan, kata Kementerian Pertahanan India pada Jumat (11/3/2022).

India dan Pakistan telah berperang tiga kali sejak kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Inggris pada 1947, dua di antaranya memperebutkan wilayah Kashmir yang disengketakan.

Perbatasan mereka dijaga militer yang kuat di kedua sisi, dan ada banyak gejolak di antara keduanya. Ketegangan kadang-kadang menimbulkan kekhawatiran akan perang nuklir.

Baca juga: AS Sebut Ukraina Lebih Butuh Rudal daripada Jet Tempur, Ini Alasannya

“Dalam perawatan rutin, kerusakan teknis menyebabkan penembakan rudal yang tidak disengaja” pada Rabu, ujar Kementerian Pertahanan India dikutip dari AFP.

Kemenhan tidak merinci jenis rudalnya, tetapi mengatakan itu mendarat di wilayah Pakistan.

Insiden itu "sangat disesalkan", katanya, seraya menambahkan mereka "lega karena tidak ada korban jiwa akibat kecelakaan itu".

Adapun Kementerian Pertahanan India menolak memberikan informasi lebih lanjut kepada AFP.

Pernyataan itu muncul beberapa jam setelah Kementerian Luar negeri Pakistan mengecam apa yang disebutnya sebagai pelanggaran tak beralasan atas wilayah udaranya oleh 'benda terbang supersonik' asal India.

Kuasa usaha India di Islamabad lalu dipanggil ke kantor Kemlu Pakistan untuk protes keras, tambahnya.

Peluncuran yang tidak hati-hati merusak properti di darat dan membahayakan nyawa warga sipil serta pesawat di wilayah udara Pakistan, katanya, seraya India "tidak berperasaan terhadap perdamaian dan stabilitas regional".

Baca juga: Dipinjami Ponsel Ayahnya, Balita Ini Tak Sengaja Pesan Es Krim Senilai Rp 11 Juta

India memiliki lebih dari 500.000 tentara yang ditempatkan di Kashmir yang mereka kontrol, lokasi kelompok pemberontak bergeliat selama beberapa puluh tahun untuk kemerdekaan kawasan itu atau penggabungannya dengan Pakistan.

New Delhi menuduh Islamabad mendukung pemberontak tersebut, tetapi dibantah Pakistan.

Pesawat India pernah membom apa yang disebut New Delhi sebagai kamp pelatihan teroris jauh di dalam Pakistan pada 2019 setelah sebuah bom bunuh diri yang diklaim oleh kelompok militan yang berbasis di Pakistan menewaskan 40 tentara India.

Dalam pertempuran udara di atas Kashmir pada hari berikutnya, setidaknya satu jet India ditembak jatuh dan pilotnya ditangkap oleh Pakistan, tetapi Perdana Menteri Pakistan Imran Khan membebaskannya sebagai aksi damai.

Baca juga: Perang Ukraina: Kisah Dokter India Bertahan di Bungker bersama Macan Kumbang dan Jaguar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com