Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biden Akan Gelar KTT Virtual dengan Pemimpin Jepang, Australia, dan India

Kompas.com - 03/03/2022, 14:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber AFP

NEW DELHI, KOMPAS.com - Presiden AS Joe Biden akan mengadakan pertemuan puncak virtual pada Kamis (3/3/2022) dengan para pemimpin Jepang, Australia, dan India.

Dilansir dari AFP, hal ini disampaikan kementerian luar negeri India, sehari setelah Perdana Menteri India Narendra Modi berbicara dengan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk kedua kalinya sejak invasi Moskwa ke Ukraina pekan lalu.

Baca juga: Ini Arti Simbol Z di Tank Rusia Saat Invasi ke Ukraina

Biden, Modi, Fumio Kishida, dan Scott Morrison disebut akan "bertukar pandangan dan penilaian tentang perkembangan penting di Indo-Pasifik".

Pengelompokan itu dipandang sebagai benteng melawan China.

Ada kekhawatiran di India dan di tempat lain bahwa krisis Ukraina akan mengalihkan perhatian Washington dari kawasan itu.

Pertemuan itu juga bisa menjadi kesempatan bagi para pemimpin lainnya untuk menekan Modi agar mengambil sikap yang lebih kritis terhadap invasi Rusia ke Ukraina.

Baca juga: Berikut Sejumlah Perusahaan Besar yang Berhenti Beroperasi di Rusia

India, yang condong ke arah Uni Soviet dalam Perang Dingin dan mempertahankan hubungan yang kuat dengan Moskwj, telah mendesak Rusia dan Ukraina untuk menghentikan permusuhan, tetapi berhenti mengutuk invasi tersebut.

Pada hari Rabu (2/3/2022), India kembali abstain dalam resolusi PBB yang menyesalkan tindakan Rusia.

Pernyataan singkat itu menambahkan bahwa keempat pemimpin akan "meninjau upaya berkelanjutan untuk mengimplementasikan inisiatif para pemimpin yang diumumkan sebagai bagian dari agenda kontemporer dan positif".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com