Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galang Dukungan Dunia, Presiden Zelensky Akan Rutin Tampil Online Didukung Global Citizen

Kompas.com - 07/03/2022, 16:29 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber AP

KYIV, KOMPAS.com - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memiliki mitra baru yang tidak biasa dalam kampanyenya untuk membela negaranya — Global Citizen, organisasi nirlaba internasional yang memerangi kemiskinan ekstrem.

Presiden Zelensky dan Global Citizen pada Minggu (6/3/2022) merilis kerja sama yang pertama dari apa yang mereka harapkan akan menjadi ajakan bertindak setiap hari, untuk jutaan anggota organisasi nirlaba, serta mitra pemerintah, perusahaan, dan filantropi.

Baca juga: Ukraina Bantah Diskriminasi Pelajar Asing dalam Upaya Evakuasi

Pesan video akan menampilkan Zelensky berbicara tentang pertempuran Ukraina melawan Rusia, yang dipasangkan dengan langkah-langkah yang dapat diambil oleh para pendukung untuk membantu, yang disediakan oleh organisasi nirlaba itu.

Pesan pertama presiden Ukraina meminta bantuan dunia dalam membela negaranya dari apa yang dikatakan sebagai tindakan teroris dari Rusia.

Dalam video call to action-nya, Zelensky mengutip pemboman Rusia atas kota-kota Ukraina dan penembakan di pembangkit listrik tenaga nuklir.

Dia meminta orang-orang di seluruh dunia untuk mempertimbangkan bagaimana reaksi mereka jika rumah sakit, sekolah, atau area pemukiman di kota mereka diserang.

“Apa yang akan Anda lakukan jika teroris menghancurkan mereka sepenuhnya dengan rudal, dengan serangan udara, dengan bom, seperti yang terjadi di sini di Ukraina?”

Baca juga: Ukraina Bantah Diskriminasi Pelajar Asing dalam Upaya Evakuasi

Sementara itu Global Citizen berharap kemitraan unik ini akan mendorong orang untuk tetap mendapat informasi tentang krisis kemanusiaan dan bagaimana meresponnya.

"Meskipun pernyataan video Zelensky terus diliput oleh organisasi berita di seluruh dunia, Global Citizen ingin mendistribusikan kata-katanya secara keseluruhan," kata CEO grup Hugh Evans.

“Kami pikir penting bagi orang untuk dapat mendengar langsung dari pemimpin yang paling menginspirasi orang,” kata Evans sebagaimana dilansir AP.

“Ini tentang menciptakan kesinambungan dan mempublikasikannya di semua platform teknologi utama di seluruh dunia secara bersamaan, sehingga seluruh dunia dapat mendengar langsung dari presiden Ukraina.”

Seperti yang dia lakukan dalam video dan wawancara baru-baru ini, Zelensky pada Minggu (6/3/2022) meminta NATO menetapkan zona larangan terbang di atas Ukraina.

Dia juga meminta negara-negara memberi Ukraina kekuatan udara, sehingga dapat mempertahankan diri dengan lebih baik, termasuk jet tempur dan sistem pertahanan anti-rudal.

Evans mengatakan Global Citizen akan mempublikasikan seruan Zelensky untuk aksi militer, sementara akan mendukung mereka dengan dukungan kemanusiaan.

Baca juga: Ukraina Siapkan Rencana Darurat jika Presiden Zelensky Terbunuh

Pesan pada Minggu (6/3/2022) disertai dengan seruan kepada anggota Global Citizen, untuk meminta pemerintah menawarkan dana PBB untuk dukungan kemanusiaan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com