Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Erdogan Dinyatakan Positif Covid-19

Kompas.com - 05/02/2022, 20:20 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

ANKARA, KOMPAS.com - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan pada Sabtu (5/2/2022), bahwa dirinya telah dites positif Covid-19.

Tapi, dia mengaku tidak mengalami gejala yang parah.

"Setelah mengalami gejala ringan, saya dan istri saya dinyatakan positif Covid-19, untungnya kami memiliki infeksi ringan, yang kami pelajari sebagai varian Omicron," kata presiden dalam tweet, dikutip dari AFP, Sabtu.

Baca juga: Presiden Israel Akan Kunjungi Turki, Erdogan Siap Perbaiki Hubungan

Sebelumnya, dua pejabat tinggi Turki yang bekerja dekat dengan Presiden Erdogan juga sempat dinyatakan positif Covid-19.

Dilansir dari Al Jazeera, Juru bicara Presiden Erdogan, Ibrahim Kalin, mengatakan pada Sabtu (31/10/2020) bahwa dia memiliki gejala Covid-19 ringan dan mendekati akhir perawatan.

Tapi, Kalin tidak membeberkan sudah berapa lama dirinya sakit.

Komentarnya muncul beberapa jam setelah Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu mengatakan bahwa dirinya, istri, dan putrinya dinyatakan positif terinfeksi virus corona setelah merasa tidak enak badan pada Senin (26/10/2020).

Mereka semua dirawat di rumah sakit.

“Syukurlah kami sedikit lebih baik,” kata Soylu.

Sebelum pada April, Soylu dikritik karena mengumumkan lockdown virus corona selama akhir pekan pertama di Turki, hanya 2 jam sebelum diberlakukan, yang menyebabkan kekacauan di pasar.

Baca juga: Bahas Polemik F-35, Erdogan Ingin Bertemu Biden

Presiden Erdogan sendiri dilaporkan saat itu menolak protes yang mengarah ke dorongan pengunduran dirinya.

Kalin dan Soylu adalah dua orang yang secara rutin bertemu Erdogan. 

Sementara, Presiden Erdogan yang dilaporkan secara rutin melakukan tes virus corona kala itu tidak menunjukkan tanda-tanda infeksi virus corona dan tetap menjaga jadwal yang seringkali adalah beberapa acara pidato televisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com