Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Siap Lempar Telur Busuk ke Kapal Pesiar Raksasa Jeff Bezos jika Jembatan Bersejarah Dibongkar

Kompas.com - 05/02/2022, 19:45 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Daily Mail

ROTTERDAM, KOMPAS.com - Lebih dari 3.900 orang 'tertarik' dalam aksi yang diinisiasi melalui Facebook, yang menyerukan warga Rotterdam untuk melempar telur busuk ke kapal pesiar raksasa baru Jeff Bezos, jika jembatan bersejarah di Belanda harus dibongkar untuk memberinya jalan.

Kapal pesiar Y721, senilai 400 juta dollar AS (Rp 5,7 triliun) milik miliarder Amazon, saat ini sedang dibangun di galangan kapal Oceano di Alblasserdam di barat Belanda.

Baca juga: Kapal Pesiar Raksasa Baru Jeff Bezos Tak Akan Bisa Berlayar kecuali Bongkar Jembatan Bersejarah

Tetapi untuk dapat berlayar ke laut, jembatan Koningshavenbrug yang ikonik di Rotterdam, yang dikenal penduduk setempat sebagai De Hef, harus dibongkar.

Biasanya kapal baru lewat di bawah jembatan dengan jarak 130 kaki (sekitar 40 meter) sebelum tiang-tiangnya dipasang.

Tetapi suprastruktur kapal pesiar pendiri Amazon itu lebih tinggi dari jembatan, dan perusahaan galangan kapal mengatakan tidak praktis untuk berlayar keluar sementara bagian kapal belum terpasang seluruhnya.

Daily Mail melaporkan pada Jumat (4/2/2022), bahwa politisi lokal mengatakan belum ada keputusan akhir yang diambil apakah akan membongkar jembatan tersebut.

Namun sebuah aksi di Facebook telah dibuat, menyerukan 'semua warga Rotterdam' untuk melempar telur ke kapal pesiar 'secara massal', ketika melewati De Hef di musim panas. Ribuan orang telah mengklik menyatakan 'ikut serta'.

Baca juga: Jeff Bezos Ungkapkan Kesedihan Setelah Tornado Tewaskan 6 Orang di Gudang Amazon

Ajakan rencana aksi yang diselenggarakan pada 1 Juni oleh Pablo Strörmann, berbunyi: “Ambil sekotak telur (busuk) bersamamu dan mari kita lempar mereka secara massal ke kapal pesiar Jeff Bezos saat berlayar melalui De Hef di Rotterdam.”

“Rotterdam dibangun dari puing-puing oleh orang-orang Rotterdam, dan kami tidak bisa membongkarnya (jembatan) untuk simbol lingga dari seorang miliarder megalomania. Tak akan (lewat) tanpa perlawanan!”

Strörmann bahkan telah menautkan undangannya ke video tutorial untuk membuat 'peluncur granat telur dari karton' di halaman “untuk pelempar telur yang lebih canggih”.

Komentar di papan diskusi acara beragam, dengan satu meminta orang untuk membawa “kantong berisi kotoran”, sementara yang lainnya mencela gagasan tersebut.

Baca juga: Jeff Bezos Sumbang Rp 7 Miliar di Acara Amal dan Jadi Donor Tunggal Terbesar

Kapal pesiar rahasia orang terkaya di dunia urutan ketiga itu - sekilas tertangkap kamera Oktober - akan menampilkan tiga tiang besar dan tiga geladak. Bagian-bagian itu tidak akan dapat muat di bawah jembatan, bahkan dengan jarak bebas penuh 130 kaki (40 meter).

Ketika jembatan itu direnovasi pada 2017, dewan setempat berjanji bahwa jembatan itu tidak akan pernah dibongkar lagi.

Namun, menurut penyiar Belanda Rijnmond, janji itu akan dilanggar untuk mengakomodasi kapal pesiar raksasa Jeff Bezos, dengan pendiri Amazon berjanji untuk menutupi biaya yang dibutuhkan untuk pekerjaan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com