Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karpet Hadiah UEA untuk Paus Fransiskus Dijadikan NFT, Laku Rp 1,1 Miliar

Kompas.com - 15/01/2022, 19:01 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

ABU DHABI, KOMPAS.com – Karpet Pontifex yang dihadiahkan Uni Emirat Arab (UEA) kepada Paus Fransiskus diabadikan sebagai non-fungible token (NFT) lalu dijual untuk bantuan kepada Afghanistan.

NFT Karpet Pontifex yang ditenun oleh wanita Afghanistan tersebut terjual seharga 25 Ether atau sekitar 81.886 dollar AS (Rp 1,1 miliar) pada Jumat (14/1/2022).

Melansir Khaleej Times, karpet tersebut diberikan Putra Mahkota Abu Dhabi Syekh Mohamad Bin Zayed Al Nahyan Paus Fransiskus pada September 2016 saat berkunjung ke Vatikan.

Baca juga: 5 NFT Termahal di Dunia, Ada yang Tembus Rp 1 Triliun

Kala itu, keduanya bertemu bertemu untuk membahas penguatan hubungan diplomatik yang ada serta mempromosikan kerukunan antarumat beragama.

Meski sudah diabadikan menjadi NFT, karpet fisiknya yang berukuran panjang 272 sentimeter dan lebar 183 sentimeter tetap menjadi milik Paus Fransiskus.

“Ini mungkin NFT paling ikonik yang dijual di Timur Tengah,” kata Musfir Khawaja, salah satu pendiri nftOne, pasar NFT regional yang berkantor pusat Dubai International Finance Centre (DIFC).

Baca juga: Pedang Milik Mantan Presiden Taiwan Chiang Kai-shek pun Dijadikan NFT

“Pembeli akan mendapatkan replika fisik karpet selain bingkai emas hiasan di atas kanvas digital dengan NFT di situ,” sambung Khawaja.

Hasil penjualan akan digunakan untuk membantu keluarga rentan di Afghanistan selama bulan-bulan musim dingin yang keras.

NFT sendiri merupakan semacam token yang tak dapat ditukarkan, yang biasanya ditemukan di blockchain.

Baca juga: Tak Mau Kalah, China Buat Industri NFT Sendiri

NFT sudah ada sejak 2014. Hingga awal 2021, sebenarnya NFT belum banyak menjadi bahan perbincangan.

NFT segera meledak setelah CEO Twitter Jack Dorsey menjual twit pertamanya sebagai NFT.

Di Indonesia, NFT menjadi bahan perbincangan setelah pemuda bernama Ghozali meraup uang miliaran rupiah dengan menjual NFT di akun OpenSea.

Baca juga: NFT dan Komputer Pendiri Wikipiedia Laku Terjual Rp 14 Miliar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com