Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelompok Perlawanan di Lembah Panjshir Afghanistan Mengejar Upaya Negosiasi Damai dengan Taliban

Kompas.com - 24/08/2021, 08:27 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber BBC

KABUL, KOMPAS.com - Sebuah kelompok perlawanan anti-Taliban di Afghanistan mengatakan memiliki ribuan orang yang siap untuk berperang.

Ali Nazary, kepala hubungan luar negeri Front Perlawanan Nasional Afghanistan (NRF), mengatakan kepada BBC bahwa mereka lebih fokus untuk mengupayakan negosiasi damai, meski memiliki pasukan siap perang.

Dia menambahkan, "jika ini (negosiasi damai) gagal... maka kami tidak akan menerima agresi apapun".

Baca juga: Batas Waktu Evakuasi Pasukan AS dan Sekutu di Afghanistan di Tengah Ancaman Taliban

Sementara itu, Taliban mengatakan mereka telah mengepung benteng lembah Panjshir kelompok itu dan mengepung mereka.

Tokoh-tokoh perlawanan juga mengatakan Taliban sekarang bergerak maju di wilayah itu, timur laut ibu kota Kabul.

Amrullah Saleh, yang merupakan wakil presiden dalam pemerintahan yang digulingkan oleh Taliban dan sekarang berbasis di Panjshir, men-tweet bahwa Taliban telah mengumpulkan pasukan di dekat pintu masuk ke lembah.

Wilayah Panjshir, khususnya Lembah Panjshir, terkenal karena berhasil melawan invasi, termasuk dari pasukan Soviet selama perang Soviet-Afghanistan dari 1979 hingga 1989, dan Taliban pada 1990-an.

Sekarang, wilayah tersebut masih di bawah kendali NRF, yang didirikan oleh Ahmad Massoud, putra pahlawan perlawanan Afghanistan Ahmad Shah Massoud.

Baca juga: POPULER GLOBAL: Baku Tembak Pecah di Bandara Kabul | Ratusan Militan Taliban Serbu Lembah Panjshir

Ahmad Shah Massoud adalah seorang komandan gerilya kuat yang memimpin perlawanan terhadap Uni Soviet, dan kemudian memimpin sayap militer pemerintah Afghanistan melawan milisi saingan pada 1990-an.

Setelah Taliban menguasai, Ahmad Shah Massoud adalah komandan oposisi utama melawan kekuasaan mereka, sampai ia dibunuh pada 2001.

Nazary mengatakan kepada program Today di Radio BBC 4 bahwa Panjshir baru-baru ini menerima pasukan perlawanan lokal dari seluruh negeri, yang telah bergabung dengan pejuang yang telah mereka latih secara lokal.

Dia mengatakan kelompok itu memiliki "ribuan pasukan siap untuk perlawanan", meskipun BBC belum secara independen memverifikasi klaim ini.

"Namun, kami lebih memilih untuk mengejar perdamaian dan negosiasi sebelum segala jenis perang dan konflik," tambah Nazary.

Baca juga: Taliban Klaim Kepung Pasukan Perlawanan Afghanistan di Lembah Panjshir, Ini Permintaannya

Tujuan Front Perlawanan Nasional Afghanistan

Tujuan akhir Front Perlawanan Nasional Afghanistan (NRF) adalah mendukung bentuk pemerintahan yang terdesentralisasi di negara ini.

"NRF percaya bahwa untuk perdamaian abadi kita harus mengatasi masalah mendasar di Afghanistan," ujar Ali Nazary, kepala hubungan luar negeri NRF.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com