Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UPDATE: Gempa Haiti 7,2 Magnitudo, Korban Tewas Naik Jadi 304 Orang

Kompas.com - 15/08/2021, 10:38 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber AFP

PORT-AU-PRINCE, KOMPAS.com - Haiti diguncang gempa 7,2 magnitudo pada Sabtu pagi waktu setempat (14/8/2021), sedikitnya korban tewas 304 orang dan banyak bangunan roboh.

Gempat terjadi kurang lebih pukul 08.30 (12.30 GMT) di sekitar 160 km barat pusat ibu kota Haiti, Port-au-Prince, seperti yang dilansir dari AFP pada Minggu (15/8/2021).

Bangunan gereja, bisnis, sekolah, dan rumah-rumah runtuh diterjang gempa yang menyebabkan ratusan orang jadi korban, setidaknya 1.800 orang terluka.

Tim penyelamat berpacu melawan waktu untuk menemukan para korban. "Baik penyelamat profesional dan anggota masyarakat telah membantu menarik banyak orang dari reruntuhan," tweet badan perlindungan sipil.

Baca juga: Gempa Kuat M 7,2 Guncang Haiti, Sedikitnya 227 Orang Tewas

Beberapa jama setelah gempa, badan tersebut mengumumkan jumlah korban tewas melonjak menjadi 304 orang dari laporan pertama 29 orang.

Badan perlindungan sipil mengatakan, di departemen Selatan negara saja tercatat setidaknya 160 orang tewas.

"Banyak rumah hancur, orang meninggal, dan beberapa berada di rumah sakit," kata Christella Saint Hilaire (21 tahun), yang tinggal di dekat pusat gempa, kepada AFP.

Menurut Jerry Chandler, kepala badan perlindungan sipil bahwa rumah sakit di daerah yang paling parah terkena gempa sudah kesulitan untuk memberikan perawatan darurat, yaitu rumah sakit di kota Pestel, Corailles, dan Roseaux, yang benar-benar penuh.

Baca juga: Alaska Dilanda Gempa Magnitudo 8,2, Memicu Peringatan Tsunami

Keadaan darurat

Kementerian Kesehatan dengan cepat mengirim personel dan obat-obatan ke semenanjung barat daya, tetapi keamanannya terancam oleh geng-geng bersenjata.

Satu-satunya jalan yang menghubungkan ibu kota ke bagian selatan Haiti yaitu melewati Martissant, sebuah daerah yang berada di bawah kendali ketat geng-geng bersenjata sejak awal Juni, menghalangi jalan bebas hambatan.

"Kita semua tahu bahwa kita memiliki masalah di Martissant," kata Perdana Menteri Ariel Henry saat jumpa pers pada Sabtu malam waktu setempat (14/8/2021).

Baca juga: Gempa Alaska Magnitudo 8,2, Risiko Tsunami 30 Cm

Namun, pihaknya telah memutuskan untuk semua bantuan harus dapat sampai ke daerah-daerahyang terkena dampak. Untuk berjaga, pasukan polisi dan militer telah dikerahkan untuk tujuan itu, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Amerika Serikat dan negara-negara lain dengan cepat menjanjikan dukungan kepada negara yang dilanda krisis. Presiden AS Joe Biden menyetujui upaya bantuan "segera".

"Dalam masa yang sudah menantang bagi rakyat Haiti, saya sedih dengan gempa bumi yang menghancurkan," kata Biden.

Negaranya siap untuk "menilai kerusakan dan membantu upaya untuk memulihkan kerusakan serta yang harus sekarang dibangun kembali", lanjut Biden.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com