Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koin 5 Poundsterling Diluncurkan sebagai Penghormatan untuk Pangeran Philip

Kompas.com - 26/06/2021, 21:08 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber BBC

LONDON, KOMPAS.com - Koin bernilai 5 poundsterling (Rp 100.300) diluncurkan secara terbatas untuk memperingati kehidupan Pangeran Philip.

Koin edisi khusus menampilkan potret Pangeran Philip dan dirilis sebagai bagian dari Hari Angkatan Bersenjata.

Melansir BBC pada Sabtu (26/6/2021), desain koin telah disetujui oleh Duke of Edinburgh jauh sebelum meninggal, pada April 2008.

Baca juga: Mendiang Pangeran Philip Genap Usia 100 Tahun, Begini Respons Manis Ratu Elizabeth II

Kanselir Rishi Sunak mengatakan itu adalah "penghormatan yang pantas" untuk Pangeran Philip, yang "menggerakkan dan menginspirasi begitu banyak orang di seluruh dunia dengan pengabdiannya selama puluhan tahun" untuk negara dan Ratu Elizabeth II.

"Saya bangga untuk meluncurkan koin pada Hari Angkatan Bersenjata, mengingat karir angkatan lautnya yang luar biasa dan dedikasinya yang tak tergoyahkan kepada raja kita (Ratu Elizabeth II) dan tugas kerajaannya," ujar Sunak.

Ia menambahkan bahwa dua sisi koin 5 poundsterling itu diisi satu sisi Pangeran Philip dan sisi lainnya adalah potret Ratu Elizabeth II.

"Itu benar bahwa dia dan Ratu digambarkan bersama di kedua sisinya," ucapnya.

Baca juga: Ratu Elizabeth Jalankan Tugas Besar Kerajaan Pertama Sejak Kematian Pangeran Philip

Koin itu bertuliskan "HRH The Prince Philip, Duke of Edinburgh 1921-2021" dan akan dicetak oleh Royal Mint.

Pangeran Philip menjabat sebagai presiden komite penasihat Royal Mint selama 47 tahun dari 1952 hingga 1999.

Selama waktunya di komite, ia mengawasi pembuatan koin untuk desimalisasi dan 4 potret definitif Ratu.

Koin potret Pangeran Philip yang dirancang oleh seniman Ian Rank-Broadley, adalah alat pembayaran yang sah, tetapi telah dirancang sebagai koleksi edisi terbatas dan tidak akan diedarkan.

Baca juga: Terungkap Warisan Pangeran Philip untuk Salah Satu Cucunya

Rank-Broadley berkata, "Potret itu diambil di perpustakaan Pangeran Philip dan Anda bisa mengatakan dia adalah orang yang banyak membaca dan bijaksana."

Sesuai dengan tradisi kerajaan, denominasi koin peringatan adalah Mahkota 5 poundsterling, yang biasanya digunakan untuk menandai momen-momen, seperti penobatan atau yubileum.

Royal Mint juga akan memberikan sumbangan 50.000 poundsterling untuk Duke of Edinburgh's Award (DofE), yang didirikan oleh sang pangeran pada 1956, untuk mendukung kerja komunitasnya di Inggris dan di seluruh dunia.

Anne Jessopp, kepala eksekutif The Royal Mint, mengatakan, "Sejak meninggalnya Duke of Edinburgh pada April, banyak yang berkomentar bahwa dia menjalani kehidupan yang dijalani dengan baik."

Baca juga: Setelah Pemakaman Pangeran Philip, Harry dan William Terlihat sedang Mengobrol

"Dia adalah permaisuri terlama dalam sejarah Inggris, dan pelindung atau presiden untuk lebih dari 750 organisasi," kata Jessopp.

"Royal Mint telah menandai acara kerajaan yang signifikan selama berabad-abad dan merasa terhormat untuk meluncurkan koin baru asli yang merayakan kehidupan dan warisan seorang pria yang luar biasa," ujarnya.

Ruth Marvel, kepala eksekutif Duke of Edinburgh's Award, mengatakan koin itu adalah "penghormatan yang luar biasa" dan akan membantu "membangun warisan Duke of Edinburgh".

"Sehingga, lebih banyak orang muda dapat memulai perjalanan DofE Award mereka dan mengembangkan keterampilan, ketahanan, dan keyakinan diri yang mereka butuhkan untuk berhasil menghadapi tantangan kehidupan dewasa," ucap Marvel.

Baca juga: Rakyat Inggris Berbondong-bondong Beri Pangeran Philip Penghormatan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com