Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Australia Tawarkan Penerbangan Setengah Harga ke Tempat Wisata Domestik

Kompas.com - 12/03/2021, 21:15 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Editor

SYDNEY, KOMPAS.com - Pemerintah Australia menawarkan warganya tiket setengah harga untuk penerbangan ke tempat-tempat wisata domestik yang masuk dalam daftar.

Ini merupakan cara baru Australia untuk menggenjot pariwisata yang terpukul akibat pandemi Covid-19.

Daftar tujuan wisata yang disubsidi itu, antara lain, Gold Coast, Cairns, the Whitsundays, Alice Springs, dan Broome, seperti yang dilansir dari BBC Indonesia pada Kamis (11/3/2021). 

Pemerintah mengungkapkan bahwa program subsidi memakan anggaran 1,2 miliar dollar Australia (sekitar Rp 13,3 triliun), yang bertujuan membangkitkan sektor pariwisata domestik di tengah pandemi virus corona.

Baca juga: Italia Blokir Ekspor 250.000 Dosis Vaksin Covid-19 AstraZeneca ke Australia

Ini merupakan industri yang paling terpukul akibat penutupan wilayah dan pembatasan perjalanan sejak awal tahun lalu.

Perdana Menteri Scott Morrison mengungkapkan bahwa paket atas 800.000 tarif penerbangan murah itu ditawarkan antara April hingga Juli, yang diharapkan akan membangkitkan minat warga Australia untuk mengunjungi wilayah lain di Negeri Kanguru itu.

Skema subsidi gaji "Penjaga Kerja" dari pemerintah akan berakhir awal Maret ini. Namun sektor pariwisata yang biasanya bergantung pada turis mancanegara, masih butuh dukungan.

"Agar masyarakat tetap dapat kerja, kita harus memastikan pesawat tetap terbang, dan harus memastikan kunjungan wisatawan," katanya kepada wartawan di Bandara Sydney pada Kamis (11/3/2021).

Baca juga: Setiap Tahun Warga Australia Bisa Habiskan Miliaran Dolar Demi Konsumsi Narkoba

Namun, Partai Buruh yang beroposisi menyatakan paket itu bersifat "pilih-pilih" dan lebih banyak menguntungkan maskapai penerbangan, dengan menyatakan tidak ada pendanaan langsung bagi operator pariwisata dan perhotelan.

Australia telah menggulirkan program vaksinasi Covid-19 pada bulan lalu dan melaporkan nihil kasus lokal dalam dua pekan terakhir.

Dalam setahun, Australia telah menutup perbatasannya dari kedatangan luar negeri, kecuali bagi warganya yang pulang maupun kasus-kasus tertentu.

Sejak awal pandemi, Australia telah melaporkan 29.000 kasus dan 909 kematian. Jumlah itu jauh lebih rendah dari banyak negara-negara lain.

Kendati demikian, banyak warga Australia yang masih enggan untuk pergi jauh dari rumah karena peraturan penutupan perbatasan antar-wilayah yang tidak menentu.

Baca juga: Efek Pembatasan Covid-19 Emisi Gas Rumah Kaca Australia Turun ke Level Terendah

Ledakan kasus kecil seringkali membuat pemerintah setempat membatasi pergerakan, sehingga membuat banyak warga tidak bisa kemana-mana maupun yang terpaksa membatalkan liburan di daerah lain.

Sementara itu, pihak maskapai penerbangan dan jasa travel menyambut baik skema subsidi baru dari pemerintah Australia itu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com