Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kementerian Kesehatan Jepang Temukan Varian Baru Covid-19 pada Turis dari Brasil

Kompas.com - 11/01/2021, 12:32 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

Sumber Time

TOKYO, KOMPAS.com - Kementerian Kesehatan Jepang telah menemukan varian virus corona baru pada orang yang datang dari Brasil. Varian itu dilaporkan berbeda dari yang ditemukan di Britania Raya dan Afrika Selatan.

Melansir TIME, varian virus yang ditemukan dilakukan dalam tes di bandara terhadap pria berusia 40 tahun, wanita berusia 30 tahun dan 2 remaja, Minggu (10/1/2021).

Jepang masih bekerja dengan negara-negara lainnya, dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan para pakar medis lainnya untuk menganalisis versi baru varian virus dan apakah vaksin yang tersedia mampu mengatasi itu.

Baca juga: Varian Baru Virus Corona Sudah Menyebar di 8 Negara Bagian AS

Pria yang positif terinfeksi itu tidak menunjukkan gejala apa pun saat tiba di Jepang namun segera dirumah sakitkan setelah mengalami kesulitan bernapas.

Sementara yang wanita mengalami sakit kepala, satu remaja yang berjenis kelamin laki-laki mengalami demam dan yang remaja perempuan tidak alami gejala apa pun, lapor kementerian tersebut.

Adapun sekitar 30 kasus varian virus corona dari Inggris dan Afrika Selatan telah dilaporkan sebelumnya di Jepang. Para ahli khawatir varian tersebut tampaknya menyebar lebih cepat.

Baca juga: Warga Jepang Berendam Air Es Sambil Berdoa Agar Covid-19 Segera Berakhir

Jepang telah mengumumkan keadaan darurat untuk wilayah Tokyo, yang dimulai pada Jumat, meminta restoran dan bar tutup pada pukul 08.00 malam.

Meski begitu masih yang mengeluhkan bahwa pembatasan itu belum cukup, mengingat stasiun kereta dan tempat makan masih padat, termasuk di malam hari.

Sejauh ini, Jepang telah mencatat sekitar 4.000 kematian terkait dengan Covid-19, dan lebih dari 280.000 kasus infeksi yang dikonfirmasi.

Baca juga: Jepang Pertimbangkan Pemberlakuan Status Darurat Covid-19 Lagi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com