Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Azerbaijan Ancam Hancurkan PLTN Armenia dengan Rudal

Kompas.com - 17/07/2020, 07:24 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

BAKU, KOMPAS.com - Azerbaijan mengancam akan menghancurkan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) milik Armenia, Metsamor, dengan serangan rudal.

Ancaman tersebut merupakan buntut dari bentrok berdarah antara Armenia-Azerbaijan di perbatasan sebagaimana dilansir dari Radio Free Europe Radio Liberty, Kamis (16/7/2020).

Juru Bicara Kementerian Pertahanan Azerbaijan, Vagif Dargahli, mengklaim pihaknya memiliki sistem rudal yang canggih yang memungkinkan untuk dapat menghancurkan PLTN Metsamor menjadi berkeping-keping.

Dargahli menambahkan ancaman tersebut juga merupakan tanggapan atas ancaman Armenia untuk menyerang sumur minyak di Azerbaijan Tengah.

Baca juga: Baku Tembak di Perbatasan Azerbaijan-Armenia, 16 Orang Tewas

Kementerian Luar Negeri Armenia mengutuk pernyataan Dargahli dan menyebutnya sebagai bentuk terorisme dari negara. Ancaman tersebut juga mencerminkan niat Azerbaijan untuk melancarkan genosida.

"Dengan pernyataan seperti itu, kepemimpinan Azerbaijan menjadi ancaman bagi semua orang di wilayah ini, termasuk rakyatnya sendiri," kata Kementerian Luar Negeri Armenia dalam sebuah pernyataan.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Armenia, Artsrun Hovannisian, juga mengutuk ancaman Dargahli dan mengatakan bahwa ancaman tersebut sama saja dengan kejahatan nyata.

Baca juga: Bentrok Perbatasan, Jenderal Azerbaijan Tewas dalam Pertempuran dengan Tentara Armenia

“Saya sangat senang bahwa para pejabat, politisi, dan diplomat kami mengemukakan permasalahan ini ke dunia internasional," kata Hovannisian kepada wartawan.

PLTN Armenia tersebut sangat vital karena menyuplai 40 persen dari total konsumsi listrik Armenia. PLTN buatan Uni Soviet tersebut terletak sekitar 35 kilometer (km) di sebelah barat Yerevan.

Militer Azerbaijan dan Armenia saling jual beli tembakan di Karabakh, perbatasan antara kedua negara sejak Minggu (12/7/2020).

Setidaknya 16 tentara dari kedua belah pihak telah tewas dan puluhan lainnya terluka akibat insiden tersebut. Kejadian tersebut disebut sebagai insiden terburuk kedua negara sejak 2016.

Baca juga: PLTN Tertua di Perancis Dimatikan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com