Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Simpan Kimchi yanng Benar, Simak Tips dari Ahli

Kompas.com - 26/05/2024, 12:31 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kimchi merupakan salah satu makanan khas Korea Selatan yang umum dijumpai, khususnya bila berkunjung ke restoran yang menyediakan menu makanan khas Korea.

Hidangan tradisional ini dibuat dari sawi yang difermentasi menggunakan garam dan campuran bumbu.

Semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk fermentasi kimchi, rasanya cenderung asam dan umami.

Baca juga:

"Kalau proses yang dijalani untuk membuat kimchi, termasuk singkat sekitar 15 sampai 20 menit. Durasi yang lama itu saat proses fermentasi, sekitar tujuh sampai 14 hari," kata Plant Based Food Chef Mercy Andrea kepada Kompas.com di Emporium Mall Pluit, Jakarta Utara, Jumat (24/5/2024).

Kompas.com berkesempatan ikut kelas membuat kimchi saat acara Jakarta Vegetarian Week 2024 di Emporium Mall Pluit, Jakarta Utara pada Jumat (24/5/2024) bersama Mercy Andrea.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

Selain mengetahui cara membuat kimchi, penting juga untuk tahu bagaimana cara menyimpan kimchi yang benar.

Cara simpan kimchi yang benar

Menurut penjelasan Mercy, kimchi yang sudah dimarinasi lebih baik disimpan di dalam stoples kaca, kemudian ditutup rapat.

Pada saat proses fermentasi, stoples berisi kimchi harus disimpan di suhu ruang, dan tidak boleh terkena cahaya matahari langsung.

Penyimpanan kimchi di dalam kulkas untuk memperlambat proses fermentasi. Kompas.com/ Suci Wulandari Putri Penyimpanan kimchi di dalam kulkas untuk memperlambat proses fermentasi.

"Pada saat fermentasi, kita buka tutup stoples kimchi setiap hari, sekali 24 jam, untuk mengeluarkan udaranya," katanya.

Alasannya, pada saat proses fermentasi, kimchi akan mengeluarkan karbon dioksida, sehingga akan memberikan tekanan pada stoples.

Baca juga:

Bila stoples tidak dibuka setiap harinya, dikhawatirkan tekanan di dalam stoples akan semakin tinggi, sehingga berpeluang membuat stoples meledak dan pecah.

Waktu fermentasi kimchi bisa disesuaikan dengan selera, umumnya berlangsung sekitar tujuh sampai 14 hari.

Setelah itu, simpan kimchi di dalam kulkas supaya proses fermentasi kimchi berhenti, atau minimal proses fermentasi akan menjadi lambat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com