Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resep Donat Kentang Gula Bubuk, Empuk Walau Sudah Dingin

Kompas.com - 19/05/2024, 09:03 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Akhir pekan terasa hampa tanpa camilan lezat untuk dinikmati bersama keluarga? Jangan khawatir! Resep donat kentang empuk dengan taburan gula manis ini siap mengisi momen kebersamaan.

Donat ini menghadirkan tekstur lembut yang memanjakan lidah. Tak hanya itu, rasa manisnya yang pas dipadukan dengan taburan gula bubuk akan membuat ketagihan.

Yuk, siapkan bahan-bahan yang mudah didapat seperti tepung terigu, susu bubuk, ragi, kentang, kuning telur, dan mentega. Ikuti resepnya dari buku "Ceceromed Kitchen – Frozen Food Laris Dijual" (2023) oleh S.J Tsurayya terbitan Gramedia Pustaka Utama.

Baca juga:

Resep donat kentang gula bubuk 

Bahan

  • 200 gr kentang kukus yang dihaluskan
  • 500 gr tepung terigu protein tinggi
  • 80 gr mentega
  • 4 kuning telur
  • 1 sdm ragi instan
  • 100 ml air
  • 1⁄2 sdt garam
  • 4 sdm gula pasir
  • 4 sdm susu bubuk
  • Minyak secukupnya, untuk menggoreng
  • Gula bubuk donat secukupnya

ilustrasi mengistirahatkan adonan donatDok.Shutterstock/KB.SIL ilustrasi mengistirahatkan adonan donat

Cara membuat donat kentang gula bubuk

  1. Membuat Adonan: Campurkan tepung terigu, gula pasir, susu bubuk, dan mentega dalam satu wadah besar. Tuangkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga tercampur rata.
  2. Menguleni Adonan: Masukkan mentega dan garam, uleni adonan kembali hingga kalis dan elastis. Bulatkan adonan, tutup dengan serbet lembab, dan diamkan selama 1 jam di suhu ruangan hingga mengembang dua kali lipat.
  3. Membentuk Donat Kentang: Kempiskan adonan dengan cara ditekan perlahan. Taburi sedikit tepung terigu di atas meja kerja. Potong adonan menjadi beberapa bagian dengan berat sekitar 40 gram. Bulatkan setiap bagian adonan dan bentuk seperti donat dengan melubangi bagian tengahnya. Letakkan donat di atas kertas roti yang telah dipotong persegi dan diberi tepung terigu. Diamkan selama 15 menit hingga mengembang kembali.
  4. Menggoreng Donat Kentang: Panaskan minyak goreng secukupnya dalam wajan dengan api kecil. Goreng donat kentang hingga berwarna kuning kecokelatan dan terdapat white ring di bagian tengahnya. Angkat dan tiriskan.
  5. Menyajikan Donat Kentang: Sajikan donat kentang selagi hangat dengan taburan gula bubuk donat secukupnya.
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com