Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/03/2024, 08:02 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com -  Rustina (81) dan Warsinah (79) menyambut tamu yang datang dengan tersenyum ramah. Kerutan matanya ikut bergerak ketika senyumnya berkembang, senyum yang tampak tulus.

Badan mereka yang mungil, entah karena usia atau memang itu perawakannya tampak kontras dengan tamu Uma Oma Cafe di Melawai, Jakarta Selatan yang kebanyakan anak muda dari generasi Z dan Milennial.  

Siapa sangka, di area Melawai yang jadi tempat nongkrong anak muda sedari 1980-an sampai sekarang, terdapat pekerja kafe usia 80-an. 

Namun, itu lah ide Juna, salah satu pendiri Uma Oma Cafe yang memang mau mematahkan persepsi umum bahwa lansia tidak sanggup berkarya. 

Baca juga:

"Saya awalnya adalah karyawan swasta dan aktif di yayasan, beberapa kali terlibat dengan panti jompo. Di sana saya lihat banyak lansia berjuang hidup, tidak semuanya sudah menyiapkan dana pensiun dan banyak yang kurang beruntung," cerita Juna. 

Di sisi lain, Juna melihat bahwa sebenarnya banyak lansia di panti jompo yang masih aktif dan produktif. Kebanyakan dari lansia di panti jompo ini juga kesepian. 

"Akhirnya saya izin dengan yayasan boleh tidak bikin Uma Oma, banyak (lansia) yang daftar, awalnya kita menerima tiga orang sekarang sudah empat," pungkas Juna. 

Kebetulan Juna sudah lama ingin memulai usaha makanan yang memiliki manfaat bagi banyak orang. 

Gayung bersambut, Uma Oma Cafe dibuka. Baru dua minggu pintu dibuka untuk tamu, video kafe ini viral di media sosial karena usia pekerjanya yang tidak biasa. Juna dan kawan di Uma Oma Cafe pun gugup.

"Saya tidak sangka dampaknya akan sebegitu besar, akhirnya selama satu hari kami tutup dulu untuk briefing agar fokus ke kenyamanan, keberlanjutan, pelayanan, dan produk," kata Juna.

Tua dan berdaya 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com