Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kopi Indonesia Akan Dipamerkan di Amsterdam Coffee Festival 2024

Kompas.com - 22/03/2024, 07:49 WIB
Krisda Tiofani,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kopi Indonesia akan hadir di Amsterdam Coffee Festival 2024 pada awal April 2024, tepatnya dari Kamis (4/4/2024) sampai Sabtu (6/4/2024) di Belanda.

"Kali ini, kami membawa sekitar 20 jenis kopi, terutama arabika yang memang masih banyak diangkat," kata CEO Roemah Indonesia BV, Rina Radinal Maksum dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (20/3/2024).

Sekitar dua sampai tiga koperasi petani juga menyiapkan kopi robusta untuk ikut serta dalam festival ini. Menurut Rina, pasar kopi robusta di Belanda sangat tinggi.

Amsterdam Coffee Festival 2024 mengusung tema "Inovasi dan Keberlanjutan dalam Produksi Kopi" dan mengamati pendekatan oleh produsen kopi Indonesia dalam menjawab tantangan ini, termasuk dalam praktik agroforestri.

Agroforestri merupakan metode pertanian, yang mana tanaman pangan dan tanaman kehutanan ditanam di lahan yang sama.

Kopi Indonesia akan hadir di Amsterdam Coffee Festival 2024 pada 4-6 April 2024 di Belanda.Kompas.com/Krisda Tiofani Kopi Indonesia akan hadir di Amsterdam Coffee Festival 2024 pada 4-6 April 2024 di Belanda.

Founder Hejo Indonesian Speciality Coffee, Rinaldi Nurpratama, mengatakan, Roemah Indonesia BV ingin menonjolkan beberapa merek coffee shop kekinian dari Indonesia.

Toko kopi tersebut adalah Tuku-Beragam dan Suasana Kopi. 

Menurut Rinaldi, kedua coffee shop ini sesuai dengan representasi "keren" dan "anak muda" yang ingin ditunjukkan dalam festival.

"Narasi besarnya juga dibantu oleh Klasik Beans, di mana kami ingin menjelaskan keberlanjutan dalam industri kopi kita," ucap Rinaldi.

Sejauh ini, ia melanjutkan, persiapan Roemah Indonesia BV sudah mencapai 80 persen dan menargetkan transaksi besar selama festival berlangsung.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas.com (@kompascom)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com