Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunafa King, Penjual Kue Khas Timur Tengah yang Berawal dari Malaysia

Kompas.com - 04/03/2024, 12:39 WIB
Aska Bagus Aldika,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Daerah Condet, Jakarta Timur, wajib dikunjungi bila ingin menikmati makanan khas Timur Tengah, termasuk kuenya. Salah satu tempat yang menjual kue khas Timur Tengah tersebut adalah Kunafa King.

Sudah berdiri selama sembilan bulan, kedai ini merupakan cabang dari Malaysia yang dimiliki orang Mesir, Haji Ismail.

Baca juga: Mengenal Kunafa, Hidangan Manis nan Renyah dari Timur Tengah

Kunafa King di Condet menjadi cabang pertamanya di Indonesia. Awalnya kedai ini bermula dari Bukit Bintang, Malaysia, hingga saat ini sudah memiliki delapan cabang di negara tersebut.

Alasan Haji Ismail membuka cabang di Indonesia adalah lantaran ia memiliki kerabat di Condet yakni Karam, pemilik Toko Karam Grosir. Lokasi Kunafa King di Condet pun berada di depan toko itu.

Pengelola kedai bernama Siti Nursifa menyampaikan, ada alasan lain mengapa Haji Ismail memutuskan membuka cabang di Tanah Air.

"Kalau di Timur Tengah kebanyakan bukanya nasi sama kebab, apalagi di Condet dan Jakarta, jadi bos coba buka kedai kue saja karena sudah banyak yang jualan nasi dan kebab," tutur Siti saat ditemui Kompas.com, Minggu (3/3/2024).

Baca juga:

Menjual kunafa dan baklava

baklava pistachio di kunafa king condetAska Bagus Aldika baklava pistachio di kunafa king condet

Sesuai namanya, Kunafa King menjual kunafa, makanan manis yang umumnya terbuat dari pastri filo dengan keju, sirup gula, dan pistakio.

Di tempat ini, pengunjung bisa menemukan berbagai rasa kunafa, mulai dari cokelat hingga mozarela. Ada pula rasa stroberi, namun harus melewati pemesanan khusus.

Selanjutnya ada baklava, makanan yang berisi kacang dan pemanis, lalu dibungkus lapisan adonan. Rasa yang ditawarkan pun bervariasi, antara lain original dan cokelat.

Adapun salah satu makanan yang jadi favorit di kedai ini adalah Kunafa Mozza, dengan rasa manis dari adonan dan asin dari keju. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com