Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Jus untuk Daya Tahan Tubuh, Bisa Tingkatkan Imun

Kompas.com - 03/02/2024, 06:06 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Tubuh perlu asupan imun yang cukup supaya tidak mudah terserang panyakit, apalagi saat musim hujan.

Salah satu opsi sumber imun bisa diperoleh dari minuman berupa jus. Kamu dapat mengonsumsi jus dari campuran buah dan sayuran 

Jus ini bisa dapat dikonsumsi saat sehat ataupun saat sakit sekalipun. Berikut beberapa pilihan buah dan sayur yang bisa diolah menjadi jus dilansir dari laman Healthline.

Baca juga:

Jus untuk tingkatkan imun

1. Jeruk dan anggur

Jus jeruk dan anggur dapat dikonsumsi untuk memenuhi asupan vitamin C pada tubuh. Seperti yang diketahui, vitamin C punya sifat antioksidan yang bisa melindungi sel tubuh dari zat perusak tubuh.

Ilustrasi jus jeruk, minuman pantangan saat asam urat tinggi termasuk jus jeruk Ilustrasi jus jeruk, minuman pantangan saat asam urat tinggi termasuk jus jeruk

Tubuh yang kekurangan vitamin C dapat mengakibatkan penyembuhan luka lebih lama, gangguan respon imun, dan ketidakmampuan melawan infeksi dengan baik.

Jik sedang pilek, kamu bisa mengonsumsi jus yang mengandung vitamin C. Adapun batasan kadar vitamin C yang boleh dikonsumsi oleh orang dewasa yaitu sekitar 2.000 miligram sehari.

2. Apel hijau, wortel, jeruk

Kombinasi apel hijau, wortel, dan jeruk dapat membantu tubuh melindungi diri dan melawan infeksi. Apel dan jeruk bisa menyumbang vitamin C, sementara wortel menyumbang vitamin A.

Ilustrasi jus apelNDTV Ilustrasi jus apel

Vitamin A pada wortel penting untuk sistem kekebalan tubuh. Selain itu, wortel juga mengandung vitamin B6 yang berperan penting dalam proliferasi sel, kekebalan tubuh, dan produksi antibodi.

Baca juga: Resep Smoothie Brokoli Apel Jahe, Minuman Sehat untuk Jaga Imun Tubuh

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com