Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Jus untuk Daya Tahan Tubuh, Bisa Tingkatkan Imun

KOMPAS.com - Tubuh perlu asupan imun yang cukup supaya tidak mudah terserang panyakit, apalagi saat musim hujan.

Salah satu opsi sumber imun bisa diperoleh dari minuman berupa jus. Kamu dapat mengonsumsi jus dari campuran buah dan sayuran 

Jus ini bisa dapat dikonsumsi saat sehat ataupun saat sakit sekalipun. Berikut beberapa pilihan buah dan sayur yang bisa diolah menjadi jus dilansir dari laman Healthline.

  • Resep Wedang Susu Kunyit, Minuman untuk Tambah Imun
  • 6 Makanan yang Baik untuk Mendukung Sistem Imun Anak-anak

Jus untuk tingkatkan imun

1. Jeruk dan anggur

Jus jeruk dan anggur dapat dikonsumsi untuk memenuhi asupan vitamin C pada tubuh. Seperti yang diketahui, vitamin C punya sifat antioksidan yang bisa melindungi sel tubuh dari zat perusak tubuh.

Tubuh yang kekurangan vitamin C dapat mengakibatkan penyembuhan luka lebih lama, gangguan respon imun, dan ketidakmampuan melawan infeksi dengan baik.

Jik sedang pilek, kamu bisa mengonsumsi jus yang mengandung vitamin C. Adapun batasan kadar vitamin C yang boleh dikonsumsi oleh orang dewasa yaitu sekitar 2.000 miligram sehari.

2. Apel hijau, wortel, jeruk

Kombinasi apel hijau, wortel, dan jeruk dapat membantu tubuh melindungi diri dan melawan infeksi. Apel dan jeruk bisa menyumbang vitamin C, sementara wortel menyumbang vitamin A.

Vitamin A pada wortel penting untuk sistem kekebalan tubuh. Selain itu, wortel juga mengandung vitamin B6 yang berperan penting dalam proliferasi sel, kekebalan tubuh, dan produksi antibodi.


3. Bit, wortel, jahe, apel

Jus dari kombinasi buah bit, wortel, jahe, dan apel dapat membantu sistem kekebalan tubuh dan mengurangi gejala peradangan.

Peradangan kerap terjadi karena respon imun terhadap infeksi yang berasal dari virus ataupun bakteri.

4. Tomat

Tomat mengandung vitamin B9 yang biasa dikenal dengan folat, ini dapat membantu menurunkan risiko infeksi. Tomat juga mengandung magnesium yang bersifat antiflamasi.

Guna memastikan jus tomat yang dikonsumsi tidak mengandung banyak bahan tambahan, sebaiknya buatlah jus tomat sendiri di rumah menggunakan tomat segar.

5. Kale, tomat, dan seledri

Kale merupakan campuran sayuran hijau yang bisa dibuat jus, kali ini buatlah jus kale segar dengan campuran tomat dan seledri.

Sebagaimana yang diketahui bahwa jus tomat kaya akan manfaat, di antaranya mengandung vitamin B6, vitamin B9, vitamin C, vitamin K, dan potasium.


6. Stroberi dan kiwi

Stroberi dan kiwi ialah buah yang kaya vitamin C, jus kedua buah ini sebaiknya dibuat dengan campuran susu skim. Susu merupakan sumber protein dan vitamin D yang baik untuk tubuh.

Banyak orang yang keurangan  asupan vitamin D, dan sebagian besar hanya memperoleh vitamin D dari sinar matahari.

  • 4 Minuman Khas Jawa Timur yang Bisa Perkuat Imun
  • 5 Manfaat Sauerkraut untuk Kesehatan, Bisa Tingkatkan Imun Tubuh

Pola makan yang sehat, mendapat paparan cahaya matahari, mengonsumsi suplemen, serta menambah asupan jus, tentu akan mengurangi risiko infeksi saluran pernafasan seperti flu.

7. Stroberi dan mangga

Buatlah jus stroberi dan mangga dengan campuran susu almond. Selain rasanya yang enak, kombinasi buah-buahan ini juga kaya manfaat.

Vitamin E bisa diperoleh dari mangga dan susu almond; vitamin D dan kalsium diperoleh dari susu almond; manganese, potasium, dan vitamin C berasal dari stroberi.

Sementara mangga menyumbang manfaat berupa vitamin A, vitamin B6, vitamin B9, dan vitamin C.

https://www.kompas.com/food/read/2024/02/03/060600975/7-jus-untuk-daya-tahan-tubuh-bisa-tingkatkan-imun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke