Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Langkah Bersihkan Dispenser Galon dengan Benar

Kompas.com - 08/01/2024, 11:35 WIB
Marsha Awang Lisba Siella,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dispenser galon salah satu alat yang dirancang untuk menyediakan air minum dingin dan panas dengan mudah, hanya dengan menekan tombol.

Dispenser juga perlu dibersihkan agar air tetap segar dan enak untuk diminum. Serta menghindari terjadinya bakteri, kuman, dan jamur yang dapat mencemari air.

Selain itu, membersihkan dispenser secara teratur dapat mengurangi risiko terkena penyakit atau infeksi yang disebabkan oleh air yang terkontaminasi.

Baca juga: Cara Bersihkan Dispenser Air, dari Bagian Luar sampai Dalam

Jadi, penting untuk memberikan perhatian dan merawat dispenser agar air yang disediakan tetap bersih dan aman untuk dikonsumsi.

Cara bersihkan dispenser

Simak cara membersihkan dispenser galon yang baik dan benar, seperti laman The Spruce berikut.

1. Baca petunjuk dispenser

Sebelum memulai membersihkan dispenser, sebaiknya kamu membaca petunjuk manual terlebih dahulu yang telah disediakan produsen dispenser tersebut.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

Jika petunjuk tersebut hilang, kamu dapat mencarinya di internet untuk mengetahui instruksi yang tepat mengenai dispenser yang kamu miliki.

2. Cabut kabel dari stop kontak dan keluarkan galon

Cabut kabel dari sumber listrik, agar tidak ada listrik yang mengalir ke dispenser saat membersihkannya. Lalu keluarkan galon dan tunggu sekitar lima menit agar air mengalir keluar.

Baca juga: Awas, Cara Angkat Galon yang Salah Bisa Menyebabkan Saraf Kejepit

Jika terdapat peralatan lain yang dicolokkan ke stop kontak yang sama, cabut stekernya untuk mencegah interaksi yang tidak disengaja antara aliran listrik.

3. Campurkan larutan pembersih

Kamu dapat menggunakan cairan pemutih klorin atau larutan cuka putih suling dan air untuk membersihkan dispenser.

Pemutih klorin dapat membersihkan dispenser jauh lebih efektif dalam membunuh bakteri daripada cuka putih suling.

Cuka bisa digunakan membersihkan alat pemanggang.SHUTTERSTOCK/MICHELLE LEE PHOTOGRAPHY Cuka bisa digunakan membersihkan alat pemanggang.

Namun, perlu diperhatikan bahwa mencampurkan pemutih dan cuka dapat menciptakan gas beracun. Kamu perlu menggunakan salah satu bahan tersebut untuk membersihkan dispenser.

Jika kamu menggunakan dispenser air yang disaring, lebih baik menggunakan larutan cuka daripada pemutih. Itu karena larutan cuka membantu melarutkan mineral air sadah yang bisa bertahan dalam air keran yang telah disaring.

Baca juga: Apakah Air Kemasan Galon Polikarbonat Aman?

Ketika kamu menggunakan pemutih kloroin, kamu dapat menuangkan satu galon air ke dalam ember dan menambahkan satu sendok makan cairan pemutih klorin, lalu aduk agar tercampur rata.

Namun jika kamu menggunakan larutan cuka putih suling, kamu dapat menambahkan satu galon air ke ember dan tuangkan dalam lima dan sepertiga cangkir cuka putih suling, lalu aduk agar tercampur rata.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com