Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

9 Langkah Bersihkan Dispenser Galon dengan Benar

KOMPAS.com - Dispenser galon salah satu alat yang dirancang untuk menyediakan air minum dingin dan panas dengan mudah, hanya dengan menekan tombol.

Dispenser juga perlu dibersihkan agar air tetap segar dan enak untuk diminum. Serta menghindari terjadinya bakteri, kuman, dan jamur yang dapat mencemari air.

Selain itu, membersihkan dispenser secara teratur dapat mengurangi risiko terkena penyakit atau infeksi yang disebabkan oleh air yang terkontaminasi.

Jadi, penting untuk memberikan perhatian dan merawat dispenser agar air yang disediakan tetap bersih dan aman untuk dikonsumsi.

Cara bersihkan dispenser

Simak cara membersihkan dispenser galon yang baik dan benar, seperti laman The Spruce berikut.

1. Baca petunjuk dispenser

Sebelum memulai membersihkan dispenser, sebaiknya kamu membaca petunjuk manual terlebih dahulu yang telah disediakan produsen dispenser tersebut.

2. Cabut kabel dari stop kontak dan keluarkan galon

Cabut kabel dari sumber listrik, agar tidak ada listrik yang mengalir ke dispenser saat membersihkannya. Lalu keluarkan galon dan tunggu sekitar lima menit agar air mengalir keluar.

Jika terdapat peralatan lain yang dicolokkan ke stop kontak yang sama, cabut stekernya untuk mencegah interaksi yang tidak disengaja antara aliran listrik.

3. Campurkan larutan pembersih

Kamu dapat menggunakan cairan pemutih klorin atau larutan cuka putih suling dan air untuk membersihkan dispenser.

Pemutih klorin dapat membersihkan dispenser jauh lebih efektif dalam membunuh bakteri daripada cuka putih suling.

Namun, perlu diperhatikan bahwa mencampurkan pemutih dan cuka dapat menciptakan gas beracun. Kamu perlu menggunakan salah satu bahan tersebut untuk membersihkan dispenser.

Jika kamu menggunakan dispenser air yang disaring, lebih baik menggunakan larutan cuka daripada pemutih. Itu karena larutan cuka membantu melarutkan mineral air sadah yang bisa bertahan dalam air keran yang telah disaring.

Ketika kamu menggunakan pemutih kloroin, kamu dapat menuangkan satu galon air ke dalam ember dan menambahkan satu sendok makan cairan pemutih klorin, lalu aduk agar tercampur rata.

Namun jika kamu menggunakan larutan cuka putih suling, kamu dapat menambahkan satu galon air ke ember dan tuangkan dalam lima dan sepertiga cangkir cuka putih suling, lalu aduk agar tercampur rata.

4. Bersihkan bagian atas galon

Gunakan spons dan basahi dengan larutan pembersih di bagian atas dispenser, agar bersih secara menyeluruh.

Bagian atas galon ini perlu dibersihkan dengan teliti untuk menghilangkan kotoran, bakteri, maupun kuman.

5. Masukkan larutan pembersih ke dalam reservoir air

Tuangkan dua hingga tiga gelas larutan ke dalam reservoir air, lalu biarkan sekitar sepuluh menit untuk membersihkan bagian dalam galon. Bagian ini sering menjadi tempat bersarangnya bakteri dan kuman. Oleh karena itu, dibersihkan secara teratur.

6. Kuras dan siram reservoir

Setelah sepuluh menit berlalu, tiriskan larutan pembersih melalui keran ke dalam sebuah ember dan buang di wastafel atau toilet.

Isi kembali reservoir dengan air segar dan tiriskan lagi untuk membersihkan sisa-sisa larutan di dalamnya. Ulangi setidaknya dua kali, agar semua sisa larutan pembersih telah terbuang dan dispenser air telah bersih secara menyeluruh.

7. Bersihkan baki dispenser

Saat larutan pembersih berada di dalam reservoir, bersihkan baki dan lepas untuk membersihkannya dengan sedikit cairan pencuci piring.

Jika baki tidak dapat dilepas, bersihkan dengan larutan pembersih pemutih atau cuka dan keringkan dengan kain.

8. Bersihkan ventilasi dispenser

Periksa ventilasi udara di bagian belakang dispenser untuk melihat apakah terdapat penumpukan debu yang berlebihan.

Penumpukan debu yang berlebihan pada ventilasi di belakang dispenser akan membuat sistem pendinginan bekerja lebih keras dan dapat memengaruhi kinerja kulkas.

Kamu dapat membersihkan debu tersebut dengan penyedot debu atau kemoceng untuk menghilangkan debu tersebut.

9. Pasang galon dan colokkan kabel ke stop kontak

Kamu dapat memasangnya kembali galon yang sudah diisi dengan air baru, dan sambungkan kabel dispenser dengan stop kontak, agar bisa menikmati air galon seperti semula.

https://www.kompas.com/food/read/2024/01/08/113525775/9-langkah-bersihkan-dispenser-galon-dengan-benar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke