Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Makanan dan Minuman Ini Bikin Perut Kembung, Ada Bawang

Kompas.com - 13/11/2023, 12:13 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Perut sering kali merasa kembung? Dilansir dari laman Healthline, kembung merupakan kondisi perut merasa bengkak atau membesar karena disebabkan banyak faktor, seperti gas, masalah pencernaan, dan faktor makanan.

Menurut laman tersebut, ada sekitar 30 persen orang yang mengalami kembung secara berartur. Sebagai langkah pencegahannya, kamu bisa menghindari untuk konsumsi makanan dan minuman penyebab kembung berikut ini.

Baca juga:

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung protein dan karbohidrat dalam jumlah tinggi. Selain itu, ada kandungan seperti serat, vitamin, dan mineral penting di dalamnya.

Banyak jenis kacang yang mengandung gula disebut dengan alfa-galaktosida sementara karbohidrat didalamnya bernama FODMAP.

FODMAP merupakan karbohidrat rantai pendek yang difermentasi oleh bakteri usus besar. Bagi kebanyakan orang kandungan ini bisa menjadi bahan bakar untuk bakteri menguntungkan di usus.

Namun, bagi sebagian orang lainnya yang memiliki sindrom iritasi usus besar, gas dari terbentuknya proses fermentasi tersebut bisa memicu adanya kembung.

2. Brokoli

Masih dalam laman Healthline yang sama, sayuran seperti brokoli, kembang kol, kubis, dan beberapa jenis lainnya. Sayuran bergizi ini mengandung banyak nutrisi seperti serat, vitamin C, vitamin K, dan kalium.

Jenis-jenis sayuran tersebut juga mengandung FODMAP sehingga bisa menyebabkan kembung pada beberapa orang.

Kamu bisa mengurangi ukuran porsi sayuran pada saat memasaknya.

3. Bawang

Bawang bombai merupaakn sayuran umbi bawah tanah yang punya rasa dan aroma khas. Bawang bombai populer dinikmati menjadi menu masakan, lauk pauk, atau salad.

Beberapa orang sensitif atau tidak toleran terhadap senyawa yang ada di dalam bawang bombai. Terutama saat menikmati bawang bombai mentah.

Oleh karena itu, bawang bombai dikenal sebagai penyebab kembung dan tidaknyamanan pencernaan.

4. Apel

Buah apel merupakan jenis buah yang populer di dunia. Buah ini mengandung banyak serat, vitamin C, dan antioksidan tinggi.

Buah apel dalam menyebabkan kembung dan masalah pencernaan karena kandungan fruktosa dan serat tinggi di dalamnya

Fruktosa dan serat yang bisa difermentasi di usus besar bisa menyebabkan gas dan kembung.

Ilustrasi susu kentang.SHUTTERSTOCK/Fascinadora Ilustrasi susu kentang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com