Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Toko Roti Legendaris di Yogyakarta, Ada yang Buka Sejak 1930an

Kompas.com - 15/10/2023, 13:03 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Selain menikmati aneka kuliner khas nan legendaris di Yogyakarta, lengkapi juga dengan mengunjungi sederet tempat jual roti terkenal di Yogyakarta yang sudah buka sejak puluhan tahun yang lalu. 

Sederet toko roti Yogyakarta yang satu ini masih mempertahankan cara masak, bahan, hingga kualitas yang sama. Mari nostalgia sejenak dengan mengunjungi beberapa toko roti jogja terkenal berikut ini. 

Baca juga:

1. Toko Djoen

Toko Djoen berlokasi di Jalan Margo Mulyo Nomor 78, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta. Buka dari pukul 11.00-21.00 WIB.

Toko roti Yogyakarta yang satu ini sudah ada sejak tahun 1930an. Salah satu jenis roti andalan yang masih dibuat hingga hari ini adalah roti rempah khas Belanda atau Onbitjkoek, roti sobek polos, roti rol polos, dan roti semir.

2. Trubus Bakery

Trubus Bakery berada di Jalan Poncowinatan Nomor 67, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Buka dari pukul 07.00-12.00 WIB.

Toko roti legendaris Jogja yang selanjutnya ini sudah ada sejak tahun 1958. Nama trubus dari toko ini diambil dari nama nenek sang pemilik yang sudah menjajakan roti sejak dulu.

Ada aneka menu roti jadul hingga camilan khas seperti Lumpia dan Kroket dengan harga mulai dari Rp 6.000. Selain menjajakan roti, jajanan pasar, atau kue, Trubus Bakery juga menjual masakan dalam kemasan dengan harga mulai dari Rp 10.000.

3. Toko Roti Jakarta

Toko Roti Jakarta berlokasi di Jalan Jlagran Lor Nomor 7, Pringgokusuman, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta. Buka dari pukul 07.00-21.00 WIB.

Toko roti terkenal di Yogyakarta yang selanjutnya ini sudah ada sejak tahun 1924. Toko Roti Jakarta masih konsisten dalam membuat dan menjual aneka menu roti jadul seperti roti sobek, lapis legit, hingga roti peninggalan Belanda.

Tak hanya itu saja, toko roti yang satu ini juga menerima aneka pesanan roti modern yang bisa kamu jadikan isian hantaran atau kotak jajan.

Salah satu yang otentik adalah Ontbijtkoek yang dijual dengan harga mulai dari Rp 10.000.

4. Gita Anjana

Gita Anjana memiliki tiga cabang, salah satunya berada di Jalan Diponegoro 46, Yogyakarta. Toko roti yang terkenal dengan roti sobeknya ini sudah ada sejak tahun 1978.

Ada enam pilihan roti sobek ukuran besar dengan harga mulai dari Rp 45.000. Rasa atau taburan roti sobeknya berbagai macam, ada roti sobek kismis, roti sobek cokelat, hingga roti sobek keju.

Selain roti sobek, kamu bisa pesan aneka menu kue dan bolu dalam loyang seperti Chiffon Cake, Scramble Cherry, Marmer Classic, dan Brownies dengan harga mulai dari Rp 40.000.

5. Murni Roti

Murni Roti ini sudah ada sejak tahun 1952 dengan menjajakan berbagai jenis kue, roti, pastry, hingga tart. Ada juga jajanan pasar dan snack ringan untuk dinikmati di pagi hari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com