Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angkringan di Yogyakarta yang Tengah Naik Daun, Sehari Jual 900 Nasi Kucing

Kompas.com - 23/09/2023, 08:38 WIB
Silvita Agmasari

Editor

KOMPAS.com - Ada banyak warung angkringan di Yogyakarta. Harga yang terjangkau dan pilihan banyak lauk menjadi daya tarik dari warung angkringan.  

Belakangan, ada warung angkringan yang populer di Kabupaten Bantul, namanya Angkringan Balap.

Warung angkringan ini berada di Alun-alun Paseban, Bantul. Setiap harinya, Angkringan Balap buka mulai pukul 16.00 WIB.

Begitu buka, angkringan ini langsung diserbu para pembelinya meskipun pemilik warung masih menata ratusan bungkus nasi kucing.

Baca juga:

Pemilik Angkringan Balap, Azis, menceritakan bahwa warung tersebut dibuka sejak 2018.

"Namanya balap karena penjual melayani pembelinya dengan cepat, seperti balapan dengan  pelanggan yang datang," kata Azis dikutip dari TribunJogja, Selasa (19/9/2023).

Adapun menu andalan Angkringan Balap adalah nasi kucing dengan berbagai varian lauk, mulai dari sambal teri, sambal lombok hijau, oseng tempe, sampai oseng usus.

Sementara untuk malam harinya, ada tambahan varian lain yakni sambal belut dan sambal geprek.

Selain itu, di sini tersedia pula beragam sate-satean di antaranya sate sosis, sate bakso, sate telur puyuh, dan sate kulit.

Aneka sate ini dimasak dengan bumbu bacem sehingga memiliki cita rasa manis gurih.

Tak lupa, Azis juga menyediakan aneka gorengan yang dihidangkan dalam kondisi panas. Azis menyebut, sekali dihidangkan, gorengan itu biasanya langsung ludes diserbu pembeli.

Baca juga:

Soal harga, Angkringan Balap mematok harga yang terjangkau yakni Rp 2.500 untuk sebungkus nasi kucing, sementara untuk gorengan Rp 1.000 per biji.

Aneka sate dijual dengan harga beragam,  sate telur dan hati dihargai Rp 4.000 per tusuk. Sementara sate usus dan keong dihargai Rp 2.000 per tusuk.

Video ulasan Angkringan Balap ini viral di media sosial beberapa waktu belakangan ini. Setelah terkenal, Azis mengatakan omzet dagangannya naik hingga dua kali lipat.

Terutama saat malam minggu yang selalu ramai diserbu pelanggan. Bahkan tak jarang, dagangannya ludes terjual hanya dalam rentang waktu tiga jam.

Ia menceritakan, dulu rata-rata terjual 500 porsi nasi kucing. Setelah ramai di media sosial, ia dapat menjual 800-900 porsi nasi kucing sampai pukul 19.00 WIB.

Jumlah ini kian bertambah pada Sabtu dan Minggu, hingga 1.200 sampai 1.400 porsi nasi kucing. 

Baca juga:

Angkringan Balap
Lokasi Alun-alun Paseban, Kurahan, Bantul
[ Google Maps]
Jam dan hari buka 16.00 WIB
Harga Mulai Rp 1.000
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com