Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Sup Ayam Benar-benar Dapat Ringankan Pilek?

Kompas.com - 13/09/2023, 07:05 WIB
Nuril Laili Azizah

Penulis

KOMPAS.com - Sup ayam merupakan masakan yang menyehatkan dengan kandungan kaldu ayam dan berisi beraneka ragam sayuran seperti wortel, jagung, daun kol, dan seledri.

Sup ayam juga sering dijadikan makanan penenang ketika pilek melanda, bahkan bisa meringankan gejalanya.

Namun apakah sup ayam benar-benar dapat meringankan pilek, berikut penjelasan selengkapnya, dikutip dari laman Bbc Good Food oleh Jo Williams seorang ahli gizi bersertifikat.

Baca juga:

1. Mencegah lebih baik daripada mengobati

Satu porsi sup ayam dapat diberikan sebagai tindakan pencegahan sebelum gejala pilek pertama kali muncul.

Menurut laporan penelitian tahun 1998 dari Coping with Allergies and Asthma 

2. Bermanfaat sebagai pendukung imun

Salah satu bahan utama sup ayam adalah bawang bombai, bawang putih dan sayuran, bahan tersebut memberikan rasa nikmat dan fitronutrien yang penting untuk sistem kekebalan tubuh.

Selain itu bahan-bahan sup ayam dapat membantu mengurangi peradangan pada tubuh. Pada gilirannya bisa meringankan gejala pilek yang mengganggu.

3. Kalori sehat

Saat pertama kali gejala pilek muncul, tubuh akan bekerja untuk melawan infeksi, sehingga membutuhkan energi.

Kamu bisa memberikan makan sup ayam merupakan sumber kalori yang sehat dan mudah dicerna dengan banyak manfaat nutrisi tambahan.

4. Menjaga sistem pencernaan

Menjaga sistem pencernaan tetap sehat sangat penting terutama ketika kita sakit sehingga tubuh kita mampu menyerap semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk melawan infeksi dari makanan yang kita makan.

Glukosamin adalah salah satu bahan penyusun utama sistem pencernaan tubuh dan dilepaskan dari tulang ayam saat dimasak.

Saat kaldu sup ayam mendingin, lapisan gelatin akan membeku di permukaannya. Kombinasi gelatin dan glukosamin ini dapat membantu melindungi dan menyembuhkan lapisan saluran pencernaan.

5. Mengurangi gejala

Ayam sangat kaya akan senyawa yang disebut carnosine, dan inilah yang menurut penelitian membantu mengurangi rasa tersumbat dan sesak di hidung dan tenggorokan.

Karnosin diperkirakan meminimalkan peradangan pada saluran pernapasan bagian atas dengan menghentikan migrasi sel darah putih.

Manfaatnya hanya bertahan selama sup masih ada di dalam tubuh, jadi pastikan untuk membuat dalam jumlah besar untuk dimakan.

6. Manfaat antiinflamasi

Saat memasak tulang dengan jaringan sendi di atasnya (seperti leher, ruas jari, tulang rusuk, atau sisa masak ayam panggang), jaringan sendi tersebut akan matang dan larut ke dalam kaldu.

Gelatin, glukosamin, dan kondroitin yang terkandung di dalamnya dilepaskan ke dalam kaldu, diserap oleh tubuh dan digunakan untuk memperbaiki dan membangun kembali jaringan ikat sekaligus mengurangi peradangan.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com