Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips Membuat Infused Water Lebih Terasa Segar dan Tidak Hambar

Kompas.com - 02/09/2023, 11:11 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com Infused water adalah minuman sehat yang populer karena terbuat dari air dan potongan buah. Rasa segar alami tanpa adanya tambahan gula membuat banyak orang memasukkan menu infused water pada hidangan dietnya.

Namun, beberapa orang sering kali merasa infused water buatannya terasa hambar atau rasanya yang pahit. Dilansir dari laman All Recipes, simak dan ikuti tips membuat infused water berikut ini.

Baca juga:

1. Siapkan bahan yang akan digunakan

Sebaiknya gunakan bahan organik. Cuci buah atau sayuran yang akan digunakan untuk menghilangkan bahan kimia, pestisida, dan residu yang menempel pada kulit.

2. Siapkan air dingin

Ada baiknya untuk menggunakan air dingin saat membuat infused water karena air panas hanya akan membuat bahan lainnya cepat rusak.

Tidak hanya itu saja, air panas bisa membuat nutrisi dalam buah dan sayur bisa rusak.

3. Siapkan wadah khusus infused water

Tidak ada salahnya untuk menggunakan gelas atau botol yang biasanya digunakan. Namun, akan lebih praktis untuk menggunakan botol khusus infused water.

4. Potong buah menurut teksturnya

Jika buah dengan tekstur lembut seperti jeruk dan stroberi, sebaiknya diiris tebal. Sementara buah dengan tekstur seperti buah apel, sebaiknya iris tipis agar lebih cepat mengeluarkan rasa.

Baca juga:

5. Tambah dengan bahan aromatik

Ada cara membuat infused water agar tidak pahit, kamu bisa menggunakan daun aromatik seperti mint, kemangi, dan daun ketumbar.

6. Angkat kulit jeruk setelah direndam selama 4 jam

Jika kamu mengikuti resep infused water yang menggunakan kulit jeruk lemon, sebaiknya gunakan hanya selama empat jam. Lebih dari itu, kulit jeruk akan mengeluarkan rasa pahit.

7. Jangan ragu untuk isi ulang infused water

Jika infused watermu sudah habis sekitar setengah botol, ada baiknya untuk menambahkan air. Walau rasanya tidak sekuat minuman pertama, tetapi masih kaya nutrisi dan rasa.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com